Share this:

CANTIKQQ – Jakarta Pancake adalah salah satu kudapan yang sudah sering kita temui di restoran, kafe, ataupun kedai kopi. Hidangan ini seringkali muncul sebagai menu sarapan atau kudapan jelang makan siang.

Pancake atau pannenkoek dalam bahasa Belanda adalah kue dadar yang terbuat dari bahan-bahan seperti terigu, telur, gula, dan susu. Bahan-bahan tersebut dicampur dengan air untuk dijadikan adonan. Adonan tersebut lalu digoreng di atas wajan datar atau pan yang telah diolesi minyak. Biasanya di atas cara membuat pancake ditambahkan mentega, sirup mapple, selai, atau madu. Untuk variasi, pancake juga bisa dimakan dengan keju, buah beri, dan irisan daging.

Cara Membuat pancake adalah makanan yang sebenarnya sudah ada sejak dulu, namun belum begitu populer di masyarakat seperti sekarang ini. Asal usul cara membuat pancake ini bahkan dipercaya sudah ada sejak masa atau peradaban Romawi Kuno. Awalnya pancake ini dinamakan dengan Alita Dolcia, yang berarti ‘makanan manis’, yang dibuat dari terigu, susu, dan bumbu.

Lambat laun, cara membuat pancake mulai dikenal dan semakin populer di Eropa sejak tahun 1430-an. Dan sejak saat itu, pancake mulai dijadikan sebagai makanan khas masyarakat yang ada di bagian Timur Eropa seperti di Mardi Gras. Di wilayah ini, cara membuat pancake dijadikan sebagai menu khas pada hari Shrove Tuesday atau Pancake Tuesday, yang disajikan sehari sebelum hari Paskah tiba.

Pancake ini sering dijadikan sebagai dessert atau makanan penutup. Namun pada masyarakat Inggris, kudapan manis ini ternyata sering disajikan sebagai menu utama. Yah, sah-sah saja sih kalau memang makanan ini dijadikan sebagai menu utama di meja makan, karena setiap orang memiliki caranya sendiri dalam menikmati atau memakan pancake ini.

Jika dilihat dari bahan-bahan yang digunakan, makanan-makanan tersebut juga menggunakan bahan yang sama, seperti tepung terigu sebagai bahan dasar pembuatan adonannya. Yang membedakannya adalah cara pengolahannya saja. Perbedaan cara pengolahan inilah yang menghasilkan produk yang berbeda. Nilai gizi yang dikandung dalam makanan-makanan tersebut pastinya pun akan berbeda.

Namun ternyata, pancake juga bisa lho dibuat dari buah pisang. Bahkan rasanya tak kalah enak dan lembut banget saat dimakan. Cara membuat pancake pisang ini juga nggak berbeda jauh dari cara membuat pancake sederhana.

Berikut cara membuat pancake pisang yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (03/11/2018).

Bahan cara membuat pancake:

1 butir telur

200 gram tepung terigu

2 buah pisang ambon atau raja (potong-potong sesuai selera)

25 gram gula pasir

200 ml susu cair

Margarin (secukupnya)

Garam (secukupnya)

Cara membuat pancake pisang:

1. Campurkan tepung terigu, gula dan garam di sebuah wadah lalu aduk rata.

2. Kocok telur di wadah berbeda hingga mengembang. Jika telur sudah mengembang, masukkan susu cair dan kocok kembali.

3. Masukkan campuran tepung terigu ke dalam susu cair dan telur yang sudah dikocok bersama. Aduk rata.

4. Masukkan pisang ke dalam adonan dan kembali aduk rata.

5. Panaskan teflon yang telah diberi olesan margarin dan tuangkan adonan sedikit saja kira-kira 2 sdm.

6. Masak dengan api kecil sampai pancake matang. Agar pancake tidak gosong, jangan lupa untuk membolak-balikkan pancake saat proses memasak berlangsung. 7. Pancake pisang pun sudah jadi dan siap disajikan.

Share this: