5 Ciri-ciri Anda Sudah Terkena Hipertiroid

Share this:

Kebalikan dari hipotiroidisme, hipertiroidisme adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroksin dalam jumlah yang berlebihan di dalam tubuh. Sekitar 60 persen hingga 80 persen kasus hipertiroidisme di belahan dunia, khususnya Amerika Serikat disebabkan oleh penyakit Graves.

Seperti dikutip dari Bright Side, penyebab lainnya termasuk gondok multinodular, adenoma beracun, radang tiroid, dan jumlah yodium berlebihan dalam makanan. Jadi, apa saja sih gejala hipertiroidisme? Mari kita lihat penjelasannya di bawah ini:

1.Peningkatan nafsu makan

Peningkatan nafsu makan mungkin merupakan hal yang normal pada kehidupan seseorang. Tetapi terkadang peningkatan nafsu makan yang berlebihan mencerminkan penyakit tertentu, salah satunya hipertiroidisme.

Hormon tiroid meningkatkan laju metabolisme, sehingga membuat seseorang cepat lapar. Hal ini menyebabkan nafsu makan Anda meningkat. Karena kalori yang dibakar lebih cepat, pasien tidak menambah berat badan, tetapi sebaliknya dapat menurunkan berat badan.

2.Sering beser

Beser atau sering buang air kecil adalah gejala sekunder karena kekurangan tiroid yang akan memicu gangguan metabolisme.

Metabolisme yang lebih cepat dapat meningkatkan aliran darah. Alhasil, ini membuat ginjal Anda menyaring lebih banyak, sehingga lebih banyak urin yang diproduksi.

3.Haus yang berlebihan

Jika tubuh Anda merasa ingin terus-terusan minum atau Anda merasa haus yang hebat, kemungkinan Anda mengalami gangguan tiroid, yakni hipertiroid.

Ini karena hipertiroidisme menyebabkan buang air kecil yang berlebihan sehingga tubuh Anda perlu mengisi kembali level airnya. Inilah yang membuat Anda minum lebih banyak air.

4.Tremor

Pernahkah Anda merasa gemetar ketika akan memulai menulis atau ketika memegang gelas saat akan minum? Jika ya, kemungkinan Anda memiliki tiroid yang terlalu aktif atau hipertiroidisme.

Ini karena hipertiroidisme mempercepat metabolisme tubuh dan menempatkan tubuh dalam mode fast-forward, sehingga hal ini menyebabkan tremor pada tangan dan lengan bawah.

5.Dorongan seks yang berlebihan

Apakah akhir-akhir ini Anda merasakan nafsu seks berlebih? Gairah tersebut begitu besar, mungkin sampai Anda kesulitan melawan atau menekannya. Jika Anda susah untuk mengendalikan dorongan seksual yang berlebihan ini bisa jadi ini tanda hipertiroidisme.

Karena metabolisme yang cepat, hipertiroidisme dapat menyebabkan dorongan seks yang berlebihan.

Share this: