5 Tanda Masalah Paru-paru, Jangan Diabaikan!

Share this:

Peran penting paru-paru pada aktivitasmu sehari-hari sangat besar lho. Ketika organ yang satu ini rusak atau mengalami masalah, kamu juga akan merasakan beberapa keluhan yang tidak mengenakkan.

Dirangkum detikHealth dari Prevention, Senin (9/7/2018), jika kamu menemukan ciri berikut pada dirimu jangan sungkan untuk memeriksakan diri kepada dokter. Ingat, deteksi dini untuk penanganan yang lebih baik dan optimal.

1.Ngos-ngosan mulu

Baru naik satu lantai sudah bikin kamu ngos-ngosan kayak orang habis maraton? Atau kamu merasa butuh beristirahat terus di sela-sela aktivitasmu sehari-hari?

Harus diwaspadai ya, sel dalam tubuhmu butuh oksigen untuk menghasilkan energi untuk membuat motorikmu bergerak. Ketika paru-paru tidak memberikan cukup oksigen untuk tubuhmu, kamu akan merasa kelelahan. Ini bisa menjadi lingkaran setan, kelelahan membuat kamu tidak berolahraga, dan kurangnya olahraga akan mempersulit kamu mempertahankan stamina, bahkan untuk melakukan tugas sehari-hari.

2.Berat badan turun tidak tahu kenapa

Dokter spesialis paru dan pernapasan, dr Rezki Tantular, SpP, menjelaskan sebelumnya kepada detikHealth bahwa ini terjadi akibat perubahan Immuno-Endokrin yaitu hormon yang berkaitan dengan ketahanan tubuh pada penyakit paru khususnya kronis yang menyebabkan peningkatan hormon katabolisme seperti kortisol dan katekolamin serta sitokin inflamasi yang dinamakan hiperkatabolisme.

“Kondisi ini akan mengakibatkan menurunnya fungsi otot rangka sehingga pasien akan menjadi kurus serta kondisi ini juga akan mengakibatkan peningkatan energi yang dibutuhkan,” ujar dr Rezki.

3.Uhuk! uhuk!

Batuk yang tidak mau hilang terutama jika disertai lendir, darah, atau demam, perlu dikhawatirkan. Apalagi kalau kamu seorang perokok, karena itu adalah tanda klasik bronkitis kronis atau emfisema.

Lakukan pemeriksaan lebih lanjut jika batuk bertahan selama lebih dari 3 minggu, terutama jika kamu semakin kesulitan untuk bernapas seiring berjalannya waktu.

4.Berpikir… zonk!

Tahukah kamu bahwa otak menggunakan 15 hingga 20 persen dari suplai oksigen tubuh? Nah karena itu ketika paru-parumu tidak bisa memberikan pasokan oksigen yang cukup otakmu juga jadi semakin sulit untuk memproses alias berpikir.

“Tingkat oksigen yang sangat rendah dan tingkat karbon dioksida yang sangat tinggi dapat menyebabkan kebingungan atau membuat seseorang mengantuk,” kata Lauren Goodman, MD, asisten profesor perawatan paru dan perawatan kritis di The Ohio State University Wexner Medical Center.

5.Kulitmu berubah abu-abu

Ketika bicara soal kulit, warna merah muda adalah yang normalnya. Sel darah merah, yang membawa oksigen ke jaringan, memberikanmu warna merah muda yang sehat.

Bibir, jari-jari tangan dan kaki, yang berwarna kebiruan atau abu-abu adalah indikasi bahwa bagian-bagian tubuh tidak mendapatkan oksigen yang mereka butuhkan dan ini adalah hal paling umum untuk masalah penyakit paru-paru stadium akhir, kata Goodman. Meski cenderung terjadi saat seseorang bekerja terlalu keras, perubahan warna pada kulit juga bisa terjadi ketika seseorang tengah beristirahat.

Share this: