Foto Viral di Internet yang Faktanya Diputarbalikkan

Share this:

Sesungguhnya, tidak ada cahaya yang terdapat di puncak gunung pada foto di atas. Cahaya itu sebenarnya adalah Nebula Orion, yang terletak di sebelah selatan Sabuk Orion pada rasi bintang Orion. Biasanya, pancarannya dapat dilihat dengan menggunakan mata telanjang.

Nebula Orion (c) list25.com
Nebula Orion [imagesource]

Foto yang disebelah kiri adalah hasil editan dari seorang anggota DevianArt, sebuah komunitas unia maya untuk para pembuat seni. Dia menggabungkan kedua objek, yakni gunung dan Nebula Orion dengan menumpuknya. Sehingga seakan-akan cahaya itu berada di puncak.

Pulau Berbentuk Bulan Bintang

Lagi-lagi Photoshop membuat orang-orang tertipu. Yaa, bisa kita lihat dalam foto diatas terdapat dua pulau yang hampir berdempetan. Uniknya, bentuknya sangatlah unik seperti puncak kubah masjid. Apalagi kalau bukan bulan sabit dan bintang.

Pulau Dengan Bentuk Unik (c) list25.com
Pulau Dengan Bentuk Unik [imagesource]

Pulau berbentuk bulan sabit itu adalah asli, yakni pulau Hawaii Molokini. Sang editor menambahkan satu pulau lagi berbentuk bintang dengan menggunakan aplikasi Photoshop. Sekejap, karyanya sempat membuat viral di dunia maya.

Kaki Bayi Terlihat Di Luar Perut

Lucu sekali foto perut seorang calon ibu di atas. Dari luar, terlihat setapak kaki sang bayi yang seakan-akan bayi yang ada di dalam rahim sedang medorong-dorongkan kakinya. Tapi ternyata, itu hanyalah sebuah fakta yang lagi-lagi diputar-balikkan kebenarannya.

Kaki bayi (c) list25.com
Kaki bayi [imagesource]

Sesungguhnya itu bukanlah sebuah tapak kaki sang bayi. Rasanya tidak mungkin hal ini terjadi, seorang bayi bisa mendorong begitu kuat hingga terlihat bentuk kakinya. Karena lapisan kulit serta otot-otot pada perut sangatlah tebal dan berlapis-lapis.

Los Angeles Gelap Gulita

Apa yang kamu bayangkan jika sebuah kota menjadi gelap gulita. Tidak ada lampu yang terlihat kecuali sinaran dari benda-benda yang bersinar indah di langit tersebut. Seperti yang terjadi pada kota Los Angeles tahun 1994 silam dalam foto di bawah ini.

Kotanya Sangat Gelap - (c) list25.com
Kotanya Sangat Gelap [imagesource]

Tentu kejadian ini tidak pernah terjadi di kota Los Angeles. Foto ini adalah hasil karya dari seorang fotografer bernama Thierry Cohen. Gambar dari beberapa kota di gabung menjadi satu, lengkap dengan pemandangan langitnya yang bertabur bintang dengan sinar terangnya itu.

Penampakan Bulan Raksasa

Hampir sama dengan foto sebelumnya, ini adalah pemandangan sebuah kota bernama Rio de Janeiro. Rio de Janeiro merupakan ibu kota negara bagian tenggara Brazil. Di langit bisa kita lihat ada bulan raksasa atau biasa atau super moon yang sekaligus menjadi latar.

Bulannya Sangat Besar - (c) list25.com
Bulannya Sangat Besar [imagesource]

Bulan raksasa yang ada dibalik pegunungan itu hanyalah sebuah rekayasa. Sang pemilik menambahkan bulan dengan aplikasi edit foto. Foto ini pun benat-benar membuat dunia tertipu karenanya. Tak ada yang menyangka foto ini hanya sebuah editan.Itulah tadi kesepuluh foto-foto yang menjadi viral di internet karena fakta yang terkandung di dalamnya diputarbalikkan. Menurut kamu sendiri, foto manakah yang faktanya sangat berbeda jauh dari penjelasan yang tersebar di dunia maya?

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *