“7 Buah Khas Indonesia” Ini Sudah Hampir Punah! Salah Satunya Matoa yang Tumbuh Cuma Sekali dalam Setahun!

Share this:

Indonesia memang sudah menjadi surga bagi dunia flora dan fauna.
Banyak banget ditemukan flora maupun fauna di zamrud khatulistiwa ini.
Gak heran sih, iklim di Indonesia juga bagus banget untuk tumbuhan yang
hidup di daerah subtropis. Cocok banget deh ya pokoknya.
Soal buah-buahan yang tumbuh di Indonesia tentunya kita udah tau dong,
ya? Nah, gak semua buah yang kita makan itu berasal dari Indonesia, lho.
Maka dari itu, kali ini kita mau bahas mengenai beberapa buah asli
Indonesia yang sudah terancam punah. Penasaran buah apa aja? Yuk,
kepoin bareng!

1. Buah Manau

Buah Manau sejatinya adalah buah asli Indonesia yang berasal
dari tanaman rotan. Rasa dari buah ini, yakni asam manis. Rasa terbaik
untuk mencicipi buah ini adalah dengan dibuat asinan. Buah yang sekilas
seperti salak ini terdapat di Kepulauan Belitung, Kepulauan Bangka,
Kalimantan, dan Sumatera.

2. Buah Lay

Buah asli Indonesia yang sekilas seperti durian ini banyak ditemukan di
Kalimantan, terutama Kalimantan Timur dan Tengah. Mirip banget dengan
durian, duri dari buah ini namun lebih tajam. Selain itu, perbedaan lainnya
dengan buah durian, yaitu daging buahnya yang lebih tebal, warnanya
yang kuning menuju oranye, dan tentu rasanya lebih manis. Selain itu,
yang lebih penting adalah baunya yang tidak semenyengat bau durian.

3. Buah Gandaria

Buah gandaria atau jatake (nama lokalnya) banyak tumbuh di daerah
Indonesia yang tropis. Buah yang menjadi nama kawasan di Jakarta
Selatan ini rupanya banyak terdapat di Sumatra, lho. Pernah nyobain
gak?

4. Buah Matoa

Buah asli Indonesia yang berasal dari tanah Papua ini memiliki pohon
yang rindang dan juga akar yang kuat. Tinggi rata-rata pohon ini bisamencapai 18 meter. Uniknya, buah ini hanya tumbuh sekali dalam
setahun. Wah, pasti jadi banyak dicari nih oleh warga setempat.

5.  Buah Menteng

Sekilas bentuk dan warna buah ini terlihat seperti buah duku. Buah ini
memiliki warna kekuningan atau cenderung kemerahan. Daging buah ini
berwarna putih dan juga berwana merah. Soal rasa, buah ini cenderung
kaya akan rasa asam yang bercampur manis.

6.  Buah Kepel

Buah kepel ini berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada zaman
dahulu, buah ini banyak digemari oleh para puteri di keraton Jawa. Buah
asli Indonesia ini menjadi kesukaan karena dianggap mampu membuat
keringat wangi dan air kencing tak berbau tajam. Wah, pantesan laku
keras.

7.  Buah Rukem

Pastinya jarang deh yang tau mengenai buah yang satu ini. Buah ini
kurang populer karena pohonnya tidak dibudidayakan, melainkan hanya
ditanam di pekarangan rumah saja. Uniknya dari buah ini adalah sebelum
dimakan buah ini harus dipijit-pijit dahulu supaya rasa asamnya hilang.
Siapa yang pernah makan buah ini?
Nah, baru tau kan kalau ternyata ada buah asli Indonesia yang
keberadaannya sudah langka? Udah pernah makan buah-buah di atas
atau belum? Jangankan makan, tau aja enggak kayaknya. Dilihat dari
bentuknya sih kayaknya enak-enak semua, ya. Yuk, buruan cobain keburu
beneran punah nih!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *