Pantas Saja Denmark Paling Bahagia, Kuburan Saja Jadi Tempat Olahraga

Share this:

Di daftar negara paling bahagia sedunia tahun ini, posisi Denmark memang tergeser oleh Finlandia dan Norwegia. Meski hanya di urutan ketiga, Denmark tetap menyimpan seribu alasan untuk bahagia.

Salah satunya adalah gaya hidup sehat para penduduknya. Setidaknya, seperti terlihat di ibukota negara tersebut, Kopenhagen. Di kota ini, fasilitas umum untuk berolahraga sangat mudah ditemui. Mulai dari taman-taman dengan perlengkapan gym sederhana, hingga jalur-jalur bersepeda maupun pejalan kaki.

Ada banyak sekali taman dan hutan kota di kota ini yang dilengkapi dengan jalan-jalan setapak. Sebut saja Christiana vold dengan danaunya yang asri, hingga taman yang mengelilingi benteng Kastellet. Banyak warga menggunakannya untuk joging.

Di antara sekian banyak lokasi asyik untuk joging, Assistens Cemeteryadalah salah satu yang paling favorit. Meski di kuburan tua di distrik Norrebro ini terdapat banyak nisan dan prasasti, tidak ada kesan seram sedikitpun. Justru, tenang dan teduh oleh rimbun pepohonan.

Pada pagi dan sore hari, dan bahkan hingga malam hari di musim panas, area seluas 25 hektar di makam berusia 250 tahun ini banyak dikunjungi warga. Tak cuma untuk duduk-duduk sambil membaca buku di bangku-bangku taman yang tersedia, juga untuk jalan dan berlari kecil mengelilingi jalan setapak di dalamnya.

“Makam ini sekarang lebih difungsikan sebagai tempat untuk bersosialisasi oleh warga sekitar,” kata Jorn Andersen, pegiat lari dari Go Running Copenhagen.

Buat turis yang sekadar ingin melihat-lihat, salah satu daya tarik utama di tempat ini adalah makam penulis ternama Hans Christian Andersen. Penulis kelahiran Odense tahun 1805 ini adalah pencipta dongeng klasik Little Mermaid, yang tokohnya juga dipatungkan dan menjadi salah satu ciri khas Kota Kopenhagen.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *