Apple Pangkas 20 Persen Komponen iPhone 2018?

Share this:

Apple dilaporkan bakal memangkas 20 persen pesanan komponen yang dibutuhkan untuk memproduksi iPhone di 2018. Menurut laporan Nikkei Asian Review, informasi ini berasal dari empat orang sumber terpercaya.

Dikutip dari Phone Arena, Senin (11/6/2018), empat orang sumber itu mengatakan, Apple akan memangkas kapasitas produksi tiga varian iPhone terbaru sebesar 20 persen.

“Apple cukup konservatif dalam hal pesanan untuk iPhone terbaru tahun ini. Untuk tiga model baru khususnya, total kapasitas yang direncanakan 20 persen lebih sedikit dibandingkan tahun lalu,” kata sumber di rantai pasokan.

Apple pada tahun lalu mengatakan kepada para mitra penyuplai kalau perusahaan membutuhkan berbagai komponen untuk memproduksi 100 juta iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X.

Jika rumor pemangkasan 20 persen order di rantai suplai ini benar, merujuk pada pesanan tahun lalu, Apple kemungkinan berencana memproduksi 80 juta unit iPhone 2018.

Berdasarkan berbagai laporan sebelumnya, Apple disebut akan merilis tiga varian iPhone baru pada tahun ini, yaitu iPhone Xs, iPhone Xs Plus dengan layar 6,5 inci, dan iPhone 9 pada September 2018. iPhone 9 dilaporkan akan memiliki layar LCD berukuran 6,1 inci.

iPhone Xs dan Xs Plus akan memiliki layar OLED, yang produksinya diperkirakan selesai pada Agustus 2018. Namun, ketiga smartphone baru ini tidak akan dijual sampai September 2018.

Persiapan Produksi iPhone 2018

Apple disebut meminta rantai pasokannya untuk mengirimkan berbagai komponen terkait layar OLED lebih awal. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi keterlambatan peluncuran, seperti iPhone X, pada November tahun lalu. Smartphone paling premium Apple tersebut baru dirilis dua bulan setelah peluncuran iPhone 8 dan 8 Plus.

Sejumlah sumber mengatakan kepada Nikkei Asian Review, Apple tengah berusaha keras menghadirkan sistem pemindaian wajah 3D untuk Face ID agar bisa bekerja pada panel LCD. Semua iPhone baru pada tahun ini diperkirakan akan memiliki sistem pengenalan wajah.

Adapun panel OLED untuk iPhone akan diproduksi oleh Samsung, sedangkan LCD berasal dari LG Display dan Japan Display.

Yuanta Securities Investmen Consulting mengatakan, Foxconn akan merakit 100 persen iPhone dengan ukuran layar 5,8 inci, 80 hingga 90 persen untuk varian “Plus” berukuran 6,5 inci dan 30 persen untuk varian LCD 6,1 inci.

Manufaktur kontrak Pegatron akan merakit 60 persen varian LCD dan 10 persen iPhone Xs Plus. Sisanya akan diproduksi oleh Wistron.

iPhone SE 2 Bakal Punya Notch Lebih Kecil?

Terlpas dari tiga iPhoe baru, Apple juga dilaporkan akan menghadirkan iPhone SE generasi kedua. Phone SE 2 ini disebut akan hadir dengan layar berukuran 4 inci.

Smartphone ini juga akan memiliki desain serupa iPhone X berkat adanya notch atau ‘poni’ di bagian atas layar dan bezel tipis.

Informasi tentang notch ini berasal dari bocoran baru yang beredar di Twitter. Berdasarkan bocoran itu, pelindung layar iPhone SE 2 mirip seperti milik iPhone X, tapi dengan ukuran yang lebih kecil, begitu pula dengan notch.

Kendati memiliki desain serupa, iPhone SE 2 akan memiliki spesifikasi berbeda. Salah satunya, iPhone SE 2 tidak akan dilengkapi dengan teknologi pengenalan wajah seperti iPhone X.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *