Awas, jangan pencet 5 bintik ini

awas-jangan-pencet-5-bintik-ini
Share this:

Masalah wajah seperti jerawat dan lain sebagainya memang suka bikin risih. Apalagi jika jerawat itu terpampang jelas di bagian wajah yang tak bisa ditutupi, tangan terasa sangat ingin memencetnya. Namun, jangan lakukan hal tersebut karena dapat menyebabkan infeksi pada kulit

Selain itu jerawat, ada bintik atau benjolan lain yang membuat kita suka penasaran ingin memencetnya. Namun, kelima bintik-bintik ini sebenarnya tak boleh Anda pencet atau mainkan seperti dilansir Standardmedia, Selasa (10/7/2018). Anda perlu melakukan pendekatan unik untuk mengatasinya.

1. Rambut yang tumbuh ke dalam

Rambut yang tumbuh ke dalam ini sungguh menggoda untuk mencabutnya atau memencetnya. Tapi cara terbaik adalah membiarkannya saja.

“Ini hanya menciptakan trauma tanpa mengatasi atau melepaskan yang tumbuh ke dalam, yang mengarah ke peradangan dan jaringan parut,” kata dokter kulit Dr Natasha Cook kepada Body + Soul.

Jika rambut tertanam kuat, maka dokter kulit mungkin perlu melepaskan ingrown dengan jarum steril. Anda hanya perlu menjaga tangan Anda sendiri.

2. Cold Sores

Jangan coba-coba menyentuh cold sores Anda dengan tisu, karena ini bisa menyebar. Cold sores disebabkan oleh virus herpes simpleks-1 sehingga sangat menular.

Cold sores ini berbeda dengan sariawan. Jika sariawan muncul di mulut bagian dalam, cold sores biasanya muncul di bibir atau mulut bagian luar.

Dr Cook mengatakan Anda bisa saja menyebut cold sores dengan jerawat biasa karena rasa kesemutan biasanya menyertai cold sores.

“Sebelum mereka muncul ke permukaan, mereka terlihat seperti kelompok lepuh berisi cairan yang sedikit jernih, sedangkan jerawat cenderung berwarna merah atau kuning.

3. Milia

Ini adalah tonjolan putih kecil yang pernah Anda lihat muncul di wajah Anda dari waktu ke waktu, yang tak boleh dipencet atau dicabut.

“Mereka tidak memiliki lubang di kulit, karena mereka terbungkus seperti kista,” kata Dr Cook menambahkan

Untuk menghilangkannya, Anda harus mendapatkan bantuan seorang profesional dengan jarum halus untuk memecahkan permukaan dan mengeluarkan kista.

Share this: