Bartender Ini Ciptakan Minuman Futuristik Tentang Hewan Dilindungi

Share this:

Dengan peralatan molecular gastronomy khusus bartender ini menciptakan minuman. Tak asal minuman tetapi dengan karakter binatang dilindungi.

Banyak cara untuk menunjukkan rasa perduli terhadap lingkungan, salah satunya melalui racikan minuman yang unik. Bartender senior asal Boston, bernama Tenzin Samdo membuat menu cocktail berdasarkan spesies hewan yang terancam punah dari seluruh dunia.

Dilansir Munchies (31/07), minuman unik ini tersedia di ArtScience Culture Lab & Café, yang terletak di Massachusetts, Amerika. Merupakan cocktail bar yang menggabungkan antara minuman dan eksperimen.

Menu cocktailnya juga unik, seperti Titi Monkey salah satunya. Spesies monyet jenis Titi, biasanya ditemukan di hutan jenis tropis yang berada di Peru hingga Kolombia. Tenzin kemudian menggunakan bahan-bahan dari sana, seperti kelapa, hingga putih telur untuk membuat minuman cocktail Titi Monkey ini.

Untuk mengurangi limbah, Tenzin menggunakan cangkang telur menjadi pemanis yang cantik. Ia bahkan menghias minuman dengan gambar monyet, untuk meningkatkan kesadaran pengunjung terhadap hewan yang terancam punah.

“Minuman ini sangat aromatik. Jika Anda masuk ke dalam hutan yang dipenuhi bunga, aromanya mirip seperti itu,” ungap Tenzin yang menggunakan sirup dari kayu sandalwood yang terkenal dengan wanginya.

“Saya ingin membuat minuman yang merepresentasikan rasa dari hutan hujan tropis, jadi bukan hanya wangi aromatik saja, tapi ada aroma kayu juga,” lanjut Tenzin dalam sesi wawancara.

“Jika diperhatikan, tampilan monyet yang berada di permukaan minuman terlihat rapih namun wajahnya sangat kesal,” jelas Tenzin ketika ditanya mengenai idenya menambahkan gambar hewan di atas minumannya.

“Semua pengunjung yang memesan minuman ini, selalu tertawa dan terhibur dengan gambar-gambar hewan di atas permukaan minuman yang mereka pesan. Itu adalah energi positif yang ingin saya ciptakan di sini,”

Tampilannya yang unik dan menarik, membuat cocktail racikan Tenzin ini selalu diminati pengunjung karena Instagramble. Tidak hanya monyet saja, ada minuman macan tutul salju, narwhal, gajah, hingga burung yang diambang kepunahan.

“Saya ingin meningkatkan kesadaran orang-orang, tapi dengan cara yang lembut. Saya merupakan seorang bartender, jadi saya berpikir mengapa saya tidak menciptakan minuman sekaligus mengirimkan pesan di dalamnya,” pungkas Tenzin yang berasal dari Tibet.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *