Benarkah Mengeluarkan Batuk Ada Manfaatnya?

Share this:

Setiap orang pasti pernah mengalami batuk. Faktanya, batuk bisa menyerang siapapun dan kapanpun. Namun tahukah Anda jika batuk merupakan respons alami ketika terjadi gangguan pada saluran pernapasan?

Umumnya, mengeluarkan batuk punya manfaat. Adapun manfaatnya adalah membersihkan penyebab iritasi sekresi, seperti debu dan asap, untuk dikeluarkan dari paru-paru.

Menurut Medical Manager PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, batuk merupakan salah satu mekanisme pertahanan saluran pernapasan dengan mengeluarkan benda asing yang ada di dalam saluran pernapasan.

“Keadaan ini (batuk) merupakan salah satu cara pertahanan tubuh untuk mengeluarkan lendir dan benda asing dari saluran nafas sehingga terhindar dari infeksi dan peradangan di saluran napas,” ungkap dr. Helmin kepada detikHealth.

Namun perlu diingat, ada juga batuk yang berlangsung selama berhari-hari. Jika sudah begini tandanya batuk telah menjadi gejala medis.

Batuk terjadi akibat adanya rangsangan terhadap refleks batuk sehingga batuk itu bukan karena disengaja. Sementara batuk yang membahayakan yaitu jika batuk sudah mengganggu saluran pernapasan, aktivitas sosial, dan tidur sehingga menurunkan kualitas hidup.

“Batuk ada juga yang disengaja tetapi tetap karena ada rangsangan dari benda asing di saluran napas,” imbuh dr. Helmin.

Untuk mengatasi gejala batuk diperlukan istirahat yang cukup serta menjaga pola makan sehat. Selain itu, konsumsi juga obat pereda batuk seperti Woods’ Cough Syrup. Kandungannya tidak menyebabkan ngantuk, tidak mengandung alkohol, mengandung bahan alami 3DM (daun ivy, daun meniran, dan daun mint), serta dapat menjaga daya tahan tubuh.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *