BI Minta Layanan ATM hingga Uang Elektronik Aman saat Lebaran

Share this:

Libur Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1439 H pasti akan meningkatkan transaksi tunai maupun non tunai di perbankan. Untuk menjaga kualitas transaksi, Bank Indonesia (BI) sudah menghimbau kepada perbankan nasional agar terus menjaga kualitas layanan melalui electronic channel.

Deputi Gubernur BI Sugeng mengungkapkan bank sentral sudah memberikan edaran untuk perbankan nasional atau penerbit uang elektronik. Hal ini dilakukan agar layanan transaksi masyarakat bisa berjalan lancar selama Lebaran.

Beberapa hari ini, di sosial media memang banyak keluhan terkait gangguan mengisi ulang uang elektronik dan ketersediaan uang tunai yang minim di sejumlah mesin ATM.

“Perbankan kami beri surat arahan untuk menjaga dan mengelola ATM saat libur Lebaran seperti isi ulang uang elektronik. Ini kami pantau,” kata Sugeng di Gedung BI, Jakarta, Jumat (8/6/2018).

Sugeng mengungkapkan, surat tersebut dikeluarkan sebagai cara BI untuk menjaga kenyamanan dan kemudahan masyarakat dalam bertransaksi baik tunai maupun non tunai selama musim libur Lebaran.

“Kami pantau dari awal. Kami juga terus koordinasi dengan pihak perbankan dengan intensif,” imbuh dia.

Kemudian Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi juga menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dalam betransaksi yang merupakan bagian dari edukasi bagi masyarakat.

“Misalnya memberikan layanan penyelenggara alat pembayaran, pastikan hati-hati karena sekarang itu gerakan non tunai. Kemudian call center harus buka terus,” ungkapnya.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *