Darmin Panggil Enggar, Bahas Ancaman Perang Dagang Trump

Share this:

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution pagi ini menggelar rapat bersama Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Keduanya akan membahas antisipasi risiko perang dagang Amerika Serikat(AS) dan Indonesia.

Dipantau detikFinance, Darmin sampai di kantornya pada pukul 08.30 WIB. Kemudian disusul Enggar pada pukul 09.11 WIB.

Menurut Darmin rapat tersebut dilakukan guna menyiapkan antisipasi dari evaluasi Amerika terhadap Generalized System of Preferences (GSP) atau hak khusus untuk keringanan bea masuk kepada importir Indonesia. Presiden AS Donald Trump mengancam akan mencabut GSp untuk ratusan produk RI

“Ya kita sedang menyiapkan ya, tentu saja GSP itu fasilitas yang diberikan AS ke sejumlah negara termasuk Indonesia. Fasilitasnya itu kita bisa mengekspor barang kesana dengan bea masuk rendah,” katanya di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu (11/7/2018).

Lebih lanjut, menurutnya Amerika kini telah menilai Indonesia sebagai negara yang menyumbang defisit ke nilai perdagangan mereka.

Nanti juga akan dilakukan komunikasi antara Menteri Perdagangan Indonesia dengan Menteri Perdagangan Amerika pada akhir bulan ini.

“Sudah ada komunikasi. Pagi ini kita mau rapat untuk siapkan bahan-bahan Mendag bertemu dengan Mendag sana (Amerika). Nggak lama juga paling akhir bulan ini,” pungkasnya.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *