Gara-gara Tato Ini, Dokter Nyaris Salah Iris Saat Mau Operasi

Share this:

Sepintas memang hanya tato biasa, mungkin tidak ada artinya apa-apa. Tetapi di meja bedah, tato mungil ini nyaris membuat dokter salah tempat saat hendak mengoperasi.

Tato bergambar tombol ‘play’ tersebut tertoreh di dada kiri seorang laki-laki berusia 23 tahun. Suatu ketika, ia harus dirawat di rumah sakit dan menjalani operasi paru-paru.

Dokter di St George’s Hospital London menadai lokasi pembedahan dengan tanda panah yang dibuat dengan spidol permanen. Tanda tersebut terletak di bagian kanan tubuh si remaja.

Namun dokter yang bertugas keesokan harinya menemukan tanda lain di sebelah kiri, persisnya di dada, yang tak lain adalah tato bergambar rombol ‘play’ yang sepintas memang mirip anak panah. Mau tidak mau, tato yang membingungkan ini memaksa dokter untuk melakukan pengecekan ganda.

Unik memang, tetapi para dokter memutuskan untuk

Dikutip dari BMJ, pria ini dirawat di rumah sakit dan harus menjalani operasi karena mengalami spontaneous pneumothorax. Salah satu bagian paru-parunya kolaps dan terisi udara.

Kasus serupa bukan kali pertama terdokumentasi. Beberapa waktu lalu, dokter menghadapi situasi dilematis ketika hendak menyelamatkan seseorang yang tak sadarkan diri, tetapi ada tato bertulis ‘Do Not Resuscitate’ alias ‘Jangan Selamatkan Saya’.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *