Gemas! Baby Durian yang Mungil Ini Bikin Nggak Tega Melahapnya

Share this:

Pecinta durian pastinya mencari buah yang paling berkualitas bagus dengan ukuran yang besar. Tapi kini orang ramai-ramai berburu baby durian yang mungil.

Buah berduri yang memiliki aroma khas ini memang selalu menggoda bagi para pecintanya. Jika dahulu orang berburu durian yang berukuran besar dan berdaging tebal, kini sebaliknya. Durian mungil alias baby durian tengah menjadi buruan para pecinta durian.

Sesuai dengan sebutannya, baby durian memiliki ukuran yang kecil, bahkan bisa digenggam dengan satu tangan saja.

Di media sosial, durian ini sedang heboh jadi bahan perbincangan. Dilansir dari Says (8/8) banyak netizen yang memposting foto durian mungil ini.

Dua jenis durian mungil ini merupakan spesies durian sukang (berdaging merah) dan durian dalit (berdaging oranye). Ukurannya sangat mini, bahkan tak lebih besar dari bola sepak takraw.

Dua jenis durian ini bisa ditemui di Sabah, Sarawak dan Brunei. Selain ukurannya, orang banyak tertarik dan merasa penasaran karena warnanya yang merah dan oranye terang, berbeda dengan durian pada umumnya.

Meskipun ukurannya sangat kecil, tapi durian ini sudah tua alias siap makan. Dagingnya tebal dan lunak namun untuk rasanya beragam. Ada yang mengatakan hambar namun ada juga yang menilai durian mungil ini terasa asam dan manis.

Jika dibandingkan dengan ukuran durian normal yang memiliki berat 1,5-5 kilogram, maka baby durian ini beratnya tak sampai 200 gram. Belum lagi diameternya yang hanya beberapa cm saja.

Dalam sebuah durian normal biasanya berisi banyak biji buah, sementara pada baby durian hanya berisi 1 atau 2 biji saja.

Setiap orang yang pernah mencicip baby durian tampaknya punya pengalaman berbeda-beda.

“Tidak berbau seperti bau durian normal, seperti D24 atau Musang King. Dan durinya tidak terlalu tajam,” kata Rebecca, 25 tahun.

“Yang saya makan memiliki rasa yang sangat kuat. Dua kali lebih kuat dari durian biasa,” kata Darian ketika ditanya tentang pengalamannya makan baby durian.

Jika biasanya durian dijual perbutir dengan harga yang dihitung perkilo, maka baby durian ini dijual per kilogram yang bisa berisi beberapa butir buah. Harganya mulai RM 15 (Rp 53 ribu) hingga RM 35 (Rp 124 ribu).

Menurut SabahEats, durian mungil ini biasanya dapat ditemukan di Tamu yakni pasar petani di Sabah dan Pasar Pusat Kota Kinabalu serta Pasar Minggu Gaya Street.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *