Gempa Guncang Lombok, Luhut Pastikan IMF-World Bank Meeting Jalan

Share this:

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan pertemuan internasional IMF-World Bank tidak terganggu meski terjadi gempa berpotensi tsunami di NTB. Guncangan Gempa yang terjadi Minggu malam (5/8/2018) itu juga terasa di Bali dan sempat menyebabkan kerusakan di fasilitas publik, salah satunya Bandara Ngurah Rai.

Pertemuan tahunan IMF-World Bank akan berlangsung di Bali pada Oktober nanti.

“Nggak (terganggu), tadi saya tanya Prof Surono (ahli geologi) gempa ini sampai sekarang tidak ada kaitannya, tidak ada dampaknya,” kata Luhut ditemui di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Senin (6/8/2018).

Luhut mengatakan negara-negara peserta IMF-World Bank juga tak ada yang menarik diri karena gempa di NTB. Apalagi potensi tsunami yang kemarin diinformasikan BMKG juga sudah dicabut.

Oleh sebab itu Luhut memastikan IMF-World Bank meeting di Bali tetap berjalan.

“Tadi sudah nggak ada lagi, tadi malam sudah dihentikan (statusnya),” ujarnya.

Luhut menambahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan dampak gempa di NTB segera ditangani. Menurutnya Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah diperintahkan menyiapkan dana penanganan pasca gempa.

“Tadi presiden sudah perintahkan penanganan masalah gempa dengan cepat. Pemerintah siapin dana dari pusat. Ibu Sri Mulyani sudah diperintahkan untuk siapin dana,” paparnya.

Namun, berapa jumlah dana yang disiapkan, Luhut mengatakan sedang dihitung Sri Mulyani.

“Ya nanti saya kira bu Sri Mulyani masih hitung. Tapi kita akan segera perbaiki karena kaitannya ke kita juga, masalah turis juga,” tambah Luhut.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *