Hai Wanita dengan Berat Badan 55 Kg, Perhatikan Ini Jika Ingin Sehat

Share this:

Viralnya video Ustaz Hanan Attaki yang menyebut wanita sholehah punya berat badan di bawah 55 kg bikin geger para kaum hawa. Bagi kebanyakan orang, khususnya pada wanita, berat badan memang cukup ‘sensitif’ untuk diperbincangkan.

Tak salah jika disebutkan bahwa poin utama dalam memiliki berat badan ideal adalah energi yang masuk harus seimbang dengan energi yang keluar. Tapi sebenarnya ada hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam kaitannya dengan kesehatan, yakni kadar lemak.

Kadar lemak dalam tubuh seseorang antara lain dipengaruhi oleh asupan gizi, walau aktivitas fisik juga besar pengaruhnya. Dikutip dari Super Skinny Me, kadar lemak pada wanita berbeda-beda tergantung kelompok umurnya.

Untuk umur di bawah 30 tahun, kadar lemak idealnya berada di rentang 13-18 persen. Pada umur 30-50 tahun, kadar lemaknya 15-23 persen, dan untuk umur 50 tahun ke atas berkisar antara 16-25 persen.

Persentase kadar lemak tubuh menjadi salah satu indikator yang baik untuk mengetahui penyakit apa saja yang dipicu oleh obesitas.

Makan sehat dan olahraga teratur merupakan langkah awal memiliki tubuh ideal. Memperhatikan kadar lemak dalam tubuh dapat memperpanjang masa hidup sehingga tidak mudah terserang penyakit kompleks seperti jantung dan diabetes.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *