Harga Nokia 6, Nokia 3, Nokia 5, Nokia 1, dan Nokia 8, Android Murah Berkualitas!

Share this:

CANTIKQQ – Siapa yang tak kenal Nokia. Di era sebelum smartphone, pasar ponsel dikuasai secara masif oleh merek asal Finlandia ini. Untungnya dalam dua tahun terakhir, Nokia menapaki jalanan yang penuh kompetitor vendor smartphone lain dan berhasil kembali berkibar.

Hal ini diawali dengan digandengnya perusahaan teknologi asal Finlandia, HMD Global untuk memproduksi smartphone Androidnya ini. Sebelumnya, Nokia selama ini memproduksi smartphone berbasis Windows Phone dengan nama Nokia Lumia.

Kiprah Windows Phone yang tak seberapa mulus, membuat Microsoft memutuskan untuk ‘membunuh’ menghilangkan merek Nokia dan menggantinya dengan Lumia saja.

Akhirnya, pada gelaran Mobile World Congress 2017, Nokia bersama HMD Global memamerkan 2 Android Nokia terbarunya yakni Nokia 3 dan Nokia 5, serta diluncurkannya ponsel 3310 versi terbaru. Selain itu, Nokia 6 juga diumumkan ketersediaannya.

1. Keunggulan smartphone Nokia

Di Indonesia, nama besar Android penguasa pasar seperti Samsung, Asus, Oppo, dan Vivo, ternyata punya satu hal yang sering mengganggu: laman antarmuka bawaan.

Laman antarmuka di berbagai smartphone Android yang kebanyakan kita pakai seringkali menawarkan pengalaman menarik berupa tampilan atau berbagai aplikasi bawaan yang jauh lebih baik dari versi murni Android. Masalahnya, berbagai boatware ini akan mengurangi kemulusan performa, dan kadang bagi sebagian pengguna, ini tak terlalu dipakai.

Keunggulan paling utama dari ponsel Nokia rilisan HMD Global? Kebalikan dari banyak smartphone laris di Indonesia yakni digunakannya Android murni.

Nokia memang terkenal dengan desainnya: sederhana, ergonomis, dan build quality yang baik. Hal ini tetap diusung Nokia di era smartphone yang pasarnya dikuasai iPhone dan Samsung. Namun selain kualitas, senjata utama Nokia ternyata di soal software, yakni diusungnya Android Nougat secara murni.

Hal ini bahkan diungkapkan oleh wakil presiden HMD Global wilayah Timur Tengah, Per Ekman.

“Banyak smartphone di pasaran yang tidak mengusung Android OS sebagaimana harusnya. Produsen smartphone menambahkan ‘kulit’ di luar oS aslinya. Konsumen berhak untuk memiliki versi terbaru dari OS dan kami akan memberikan versi terbaru sesegera mungkin ketika tersedia dari Google,” ungkap Per Ekman. “Kami dan Google akan bersama meningkatkan kualitas merek Nokia dengan menambahkan berbagai input di smartphone kami, termasuk Google Assistant,” pungkasnya.

Benar, HMD sangat ingin menonjolkan bahwa smartphone Nokia baru adalah smartphone yang mengusung Android paling bersih dan murni. Hal ini tercermin dari tiga buah perangkat yang pertama rilis di Indonesia, yakni Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6. Di gelaran MWC 2017 tahun lalu pun Nokia mengejutkan banyak pihak karena semua perangkatnya sudah mengusung Android Nougat 7.1.1 langsung dari kotak, serta pembaruan keamanan tiap bulannya.

Nah, setelah menyimak berbagai deskripsi dan keunggulan dari merek smartphone Nokia yang terbaru dan sedang dicari di Indonesia, berikut deretan harga Nokia terutama harga Nokia 6 yang dikutip dari Liputan6.com pada Sabtu (3/11/2018) dari berbagai sumber.

Nokia 6 memiliki bentang layar 2.5D 5.5 inci dengan resolusi FHD atau 1080 x 1920. Layar ini diproteksi oleh Corning Gorilla Glass. Smartphone ini dimotori oleh Snapdragon 430 dengan octa-core CPU dan kartu grafis Adreno 505 GPU. 4 GB RAM dipadu dengan 64 GB storage akan menyokong performa smartphone ini.

Dari sisi kamera, smartphone ini usung 16 MP kamera belakang dengan PDAF laser auto focusing, dan 8 MP kamera depan. Keduanya memiliki bukaan f/2.0.

Spesifikasi ini terhitung cukup baik, namun aspek chipset cukup mencuri perhatian. Jika dilihat dari keseluruhan aspek, Nokia sepertinya memposisikan Nokia 6 di kalangan smartphone mid-range. Uniknya, Nokia 6 menggunakan SD 430, yang mana chipset Snapdragon 430 lebih lumrah diusung smartphone low-end.

Namun tentu Nokia punya cara tertentu agar smartphonenya bisa berjalan mulus layaknya kualitas mid-range, salah satunya dengan octa-core yang diusung chipsetnya.

Smartphone ini akan mengusung Quick Charge 3.0 yang dapat mengisi baterai 4 kali lebih cepat ketimbang pengisian daya konvensional. Selain itu akan ada sensor pemindai sidik jari yang telah lazim ada di smartphone mid-range.

Nokia 6 juga tak kehilangan kesan stylish namun ergonomis yang selalu diusung smartphone asal Finlandia tersebut di setiap perangkatnya. Meski demikian, sentuhan Nokia akan sedikit terkikis karena ada sedikit campur tangan dari HMD dalam hal desain.

3. Harga Nokia 6 2018 (Harga Nokia 6.1 Plus)

Nokia 6.1 memiliki layar lebar dengan rasio 19:9. Layar 5,8 inci ini dipadu dengan ketajaman Full HD+ dan gamut warna 96 persen diklaim memberikan pengalaman menonton yang lebih jelas.

Soal dapur pacu, Nokia 6.1 Plus ini dipersenjatai dengan Snapdragon 636. Sementara untuk tenaganya diperkuat dengan RAM 4GB dan ruang penyimpanan internal 64 GB. Lalu, untuk kameranya, Nokia 6.1 Plus menempatkan kamera ganda di bagian belakang dengan ukuran 16 MP dan 5MP. Kemudian, untuk kamera depannya, mereka menyematkan 16 MP. Kedua kamera itu, telah diperkaya dengan fitur AI.

Nokia 6.1 Plus hadir dalam tiga pilihan warna Gloss Black, Gloss White dan Gloss Midnight Blue

  • Harga Nokia 6.1 Plus: 3.399.000

Berikut deretan Harga Nokia dalam berbagai varian yang tersedia di Indonesia.

  • Harga Nokia 3: 1.499.000
  • Harga Nokia 5: 1.699.000
  • Harga Nokia 1: 999.000
  • Harga Nokia 8: 6.499.000
Share this: