Ini Peach Donat yang Hits, Peach Bentuk Pipih Kayak Donat

Share this:

Biasanya buah persik berbentuk bulat. Kini muncul buah persik dengan bentuk pipih yang menyerupai donat dan menarik perhatian.

Warnanya yang cantik, dan rasanya yang manis membuat buah persik atau peach, sering digunakan sebagai topping dessert dan minuman kekinian. Namun, berbeda dengan buah persik biasanya, buah peach donat memiliki bentuk yang pipih dan warnanya merah kekuningan.

Dengan bentuk seperti donat, buah persik yang satu ini bukanlah hasil modifikasi genetik. Buah ini merupakan keturunan dari tumbuhan pan tao, atau persik khas China, yang dikenalkan ke pasar Amerika sekitar 15 tahun lalu.

Dilansir Bonappetit (24/08), sebuah eksperimen di Rutgers New Jersey Agricultural Expreriment Station, menyatukan beberapa tanaman untuk menghasilkan pohon dan buah yang lebih besar, kuat, mains, dan rasa persiknya lebih kuat. Sehingga munculah donat peach ini, yang rendah asam dan tinggi gula. Setelah itu banyak petani yang mulai menanam bibit pohon donat persik ini. Sehingga buah ini mulai terkenal di Amerika.

Meski sekilas warnanya mirip seperti apel, tapi donat persik memiliki kulit buah yang tipis. Daging buah memiliki warna putih, dengan aroman yang khas. Rasanya manis, dengan tekstur buah yang lembut dan juicy.

Hampir sama dengan buah persik, donat persik bisa digunakan dalam berbagai resep yang menggunakan buah persik. Tapi paling enak, jika donat persik ini disantap langsung, sehingga kesegarannya lebih terasa. Namun, buah ini juga cocok diolah menjadi topping puding, sirup buah, hingga campuran di kue.

Sayangnya, buah peach donat ini punya harga yang tinggi. Karena waktu pertumbuhannya yang singkat, dan hanya bersifat musiman.

“Kami harus memastikan bahwa donat persik ini memiliki perawatan yang baik. Buah ini harus memiliki rasa yang sangat enak. Karena jika rasanya biasa saja, orang-orang tidak akan mau membelinya dengan harga mahal,” tutur Frecon, salah satu petani buah persik asal Amerika.

Permintaan yang tinggi dari konsumen, juga membuat buah ini menjadi buah langka. Untuk harga, satu buah donat persik bisa mencapai Rp. 60.000,- di pasaran.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *