Inilah Keju Terbaik di Inggris yang Dibuat dari Susu Domba

Share this:

Banyak sekali jenis keju yang ada di dunia, namun di Inggris ada keju terbaik yang dibuat dari susu domba. Seperti apa karakter rasa keju ini?

Dikabarkan Independent (7/6) The British Cheese Award baru saja menobatkan keju terbaik di Inggris. Karakter rasa keju ini kabarnya mampu mengalahkan keju gouda.

Keju terbaik ini terbuat dari susu domba yang disebut Sheep Rustler. Pemenang keju terbaik tahun ini dibuat oleh produsen keju White Lake Cheese yang berpusat di Somerset.

Keju di pabrik ini dibuat dengan menggunakan susu domba yang tidak dipasteurisasi. Susu ini kemudian difermentasi selama tiga bulan hingga akhirnya menghasilkan keju padat.

“Keju ini menghasilkan karakter rasa yang sedang, bertekstur lembut dengan sedikit sensasi rasa pedas dan rasa karamel,” demikian jelas produsennya.

Gelaran penobatan keju terbaik ini melibatkan lebih dari 1.000 jenis keju yang ikut berkompetisi. Pengumuman pemenang dilakukan pada Rabu (6/6) malam waktu setempat.

“Jumlah dan kualitas keju yang mendaftar pada tahun ini sangat luar biasa dan membuat tim juri harus benar-benar menyeleksi siapa yang layak jadi juara,” kata Peter Mitchell selaku ketua British Cheese Award.

Lebih lanjut, ia juga mengatakan bangga karena keju terbaik justru datang dari produsen keju lokal. “Kami senang karena White Lake Cheese adalah produsen keju lokal di Somerset. Mereka memenangkan piala Supreme Champion untuk domba Sheep Rustler, keju domba yang lezat dan menarik,” lanjut Mitchell.

Kompetisi pemilihan keju terbaik ini digelar secara rutin sejak 25 tahun. Ajang ini juga menjadi wadah bagi ratusan produsen keju untuk memerkan produk keju andalannya.

Pesertanya berasal dari 147 produsen keju yang tersebar di 54 wilayah Inggris. Setiap sample keju yang mengikuti lomba akan dinilai oleh 77 orang panelis yang berperan sebagai juri.

Salah satu yang turut memberikan penilaian adalah Chef Michel Roux OBE, chef Prancis pemilik restoran berbintang Michelin.

Setiap sampel keju dinilai dan diberi skor untuk kategori tampilan, tekstur, aroma, rasa dan keseimbangannya.

“Kami sangat beruntung karena negara ini memiliki banyak produsen keju yang berdedikasi dan terampil. Mereka memiliki komitmen untuk mempertahankan kualitas keju yang dihasilkan,” pungkas Mitchell.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *