Jelang Rilis ‘SI DOEL THE MOVIE’, Pemain Ziarah ke Makam Benyamin, Tile dan Basuki

castdoelziarah-bd
Share this:

Si Doel merupakan tokoh utama sebuah novel angkatan Balai Pustaka karya Aman Datuk Manjoindo. Proses adaptasi bebas ke dalam bentuk sinetron pada era 90-an sukses menjadikan tokoh ini sebuah waralaba.

Pada tahun 2018 Karnos Film bersama Falcon Pictures bersiap merilis versi layar lebar dari sosok Doel yang diperankan Rano Karno. Menyorot kisah lanjutan tentang percintaan Doel, Sarah dan Zaenab versi sinetron sebagai plot utama.

Jelang perilisan filmnya pada 2 Agustus mendatang, Rano Karno, Suti Karno, Maudy Koesnaedy, Mandra, Cornelia Agatha dan yang lain melakukan ziarah ke makam para pemain versi sinetron yang telah berpulang. Dimulai dari makam Benyamin Sueb di TPU Karet Bivak, disusul makam Pak Tile dan Basuki yang berada di lokasi berbeda.

Usai prosesi tabur bunga dan doa, kepada awak media Rano membagi kisah-kisah tidak terlupakan semasa Benyamin, Pak Tile dan Basuki hidup. Siapa yang sangka bila Rano sempat mendapat mandat dari Benyamin sebelum berpulang.

“Sebelum Babeh meninggal, paginya dia nelepon saya bilang yang aneh-aneh. Katanya: ‘Kalau ada ape-ape, Doel lo terusin’. Karena ngantuk, nggak lama saya tutup teleponnya. Siangnya dibangunin dapat kabar beliau meninggal karena serangan jantung,” kenang Rano.

Ia melanjutkan, “Pak Tile ini buta huruf, tapi beliau bisa hapal semua dialog. Yang kayak gitu kan harus punya insting kuat. Bayangin aja ada orang nggak bisa baca, hapalnya lebih dulu dia dibanding sama orang yang bisa baca,” tuturnya.

Sementara bila bicara mengenai Basuki, ternyata sosok asli almarhum jauh seperti apa yang orang bayangkan. “Mas Bas tuh orangnya serius lho. Sama kayak Bang Mandra, kalau di belakang kamera suka serius tapi begitu di depan kamera kayak anak monyet dua-duanya,” pungkasnya diiringi tawa.

Share this: