Jembatan Duplikat Siak 2 di Riau Bakal Rampung Bulan Depan

Share this:

Pembangunan jembatan duplikat Siak 2 sepanjang 200 meter di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau segera tuntas dalam waktu kurang dari dua bulan mendatang. Jembatan yang pembangunannya dilakukan oleh Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksanaan Jalan Nasional II (Sumatera Utara-Riau), Ditjen Bina Marga sejak Oktober 2016 ini ditargetkan rampung pada Juni 2018.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan jembatan duplikat Siak 2 akan memperlancar lalu lintas dan mengurangi beban Jembatan Siak 2 lama yang kerap dilewati kendaraan bertonase besar. Kendaraan dua arah yang masuk dan keluar ke Kota Pekanbaru nantinya dapat menggunakan satu jembatan pada setiap arahnya.

“Kehadiran infrastruktur jembatan, flyover dan underpas disamping memperlancar arus lalu lintas juga perlu dibuat indah dengan memasukan elemen budaya lokal sehingga bisa menjadi kebanggaan masyarakat dan menambah estetika kota,” katanya dalam keterangan resmi seperti dikutip Sabtu (12/5/2018).

Tersambungnya jembatan yang terletak berdampingan dengan Jembatan Siak 2 lama ini juga akan membuat konektivitas semakin lancar dan akhirnya mengurangi biaya angkut kendaraan logistik dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Adapun pembangunan jembatan duplikat siak 2 membutuhkan anggaran sebesar Rp 94 miliar. Pembangunan dikerjakan oleh PT Hutama Karya (Persero) selaku kontraktor pelaksana menggunakan kontrak tahun jamak.

Lebar jembatan adalah 10,6 meter yang dilengkapi oleh median dan trotoar. Selain pembangunan jembatan juga akan dilakukan penataan kawasan sekitar jembatan.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *