Kebijakan Integrasi Bikin Tarif Tol JORR Lebih Mahal?

Share this:

Pemerintah berencana mengintegrasikan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR). Langkah integrasi ini menyebabkan adanya penyesuaian tarif pada ruas tol tersebut.

Direktur Operasional II PT Jasa Marga, Subekti Syukur mengatakan jika sebelumnya masing-masing ruas memiliki tarif sendiri, maka dengan adanya integrasi ini, tarif seluruh ruas yang menjadi bagian dari JORR akan menjadi satu.

Konsekuensi dari penyatuan tarif ini adalah tarif untuk perjalanan jarak dekat akan mengalami kenaikan.

“Nanti jadi satu. Ya memang yang (jarak) terdekat pasti naik,” ujar dia di Jakarta, seperti ditulis

Dia mencontohkan, pada integrasi tol Jagorawi, tarifnya disatukan menjadi Rp 6.500, baik untuk jarak dekat maupun jarak terjauh. Ini artinya bila dulu pengendara jarak dekat cukup membayar Rp 3.000, kini naik menjadi Rp 6.500, sesuai dengan besaran tarif yang disatukan.

“Seperti Jagorawi kan jadi Rp 6.500, ini ada yang dekat-dekat Rp 6.500 semua. Yang tadinya Rp 3.000 jadi Rp 6.500. Seperti itu gambarannya,” jelas dia.

Namun demikian, Subekti berharap masyarakat yang biasa melewati Tol JORR untuk jarak dekat bisa beralih ke jalan biasa atau menggunakan kendaraan umum. Hal ini juga akan mengurangi kepadatan kendaraan di jalan tol tersebut.

“Mudah-mudahan yang terdekat itu bisa pindah ke angkutan umum lah,” tandas dia.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *