Kriuk Renyah! Keripik dari Gurita Utuh yang Gurih

Share this:

Gurita biasanya dipanggang, dijadikan isian takoyaki atau sate. Namun, apa jadinya bila gurita dijadikan keripik?

Bukan Jepang namanya kalau tidak punya makanan unik. Makanan ini banyak dijual di pinggir jalan sebagai camilan kaki lima. Dikenal dengan sebutan Tako Senbei atau kerupuk Gurita.

Tako Senbei adalah jenis kerupuk berbahan dasar gurita segar utuh, yang dopres hingga sangat tipis bahkan hampir transparan. Ketika Anda menikmati kerupuk atau keripik ini, akan terlihat garis-garis daging gurita di dalamnya.

Cara membuatnya terbilang mudah, pertama gurita segar utuh ditaburi dengan tepung. Kemudian ditaruh di atas alat panggang segi empat yang sudah dipanaskan. Alat ini terbuat dari logam dengan pengunci sehingga gurita menjadi super tipis dan berwarna kecokelatan mirip kerupuk atau keripik.

Setelah kering dan garum kerupuk gurita disajikan dalam secarik kertas berwarna putih. Siap dimakan hangat.

Kerupuk gurita rasanya renyah, gurih dan sedikit manis pada awalnya. Selain gurita segar juga diolah udang dan daging kepiting. Karena bahannya asli dan dibuat saat dipesan banyak orang suka senbei gurita ini.

Orang Jepang sudah memakan senbei sejak ribuan tahun. Meskipun begitu, makanan ini pertama kali berasal dari China pada abad ke 8. Biasanya kerupuk ini terbuat dari tepung beras. Terdapat beragram bentuk, ukuran dan rasa dalam sajian kerupuk gurita ini.

Selain gurita, kerupuk juga dibuat dengan jenis seafood lainnya seperti kerang, udang dan shishamo. Semua seafood bisa dibuat senbei. Penjual berkreasi dengan taburan bumbu sehingga rasanya selalu menarik dinikmati.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *