Lagi Mudik? Biar Nggak Ngantuk Saat Berkendara Konsumsi 6 Bahan Alami Ini

Share this:

Perjalanan mudik lewat jalur darat makin tenang bila pengendara tak lelah dan terjaga selama berkendara. Enam bahan ini bisa usir kelelahan dan kantuk berlebih.

Berkendara dalam waktu yang lama bisa menyebabkan rasa kantuk berlebih. Kabar baiknya, rasa kantuk berlebih bisa diatasi dengan mengonsumsi bahan-bahan alami. Selain mengatasi kantuk, bahan alami ini juga menyehatkan. Apalagi enam bahan berikut ini . Keenamnya mudah didapat.

1. Dark Chocolate

Berdasarkan penelitian yang dipublikasi oleh British Medical Journal, mengonsumsi dark chocolate tidak hanya membuat tubuh berenergi, tapi juga membantu sistem pencernaan serta memperbaiki fungsi dan perkembangan otak. Jenis cokelat yang satu ini juga mengandung theobromine yang dapat membantu menaikkan energi Anda. Sehingga sangat pas dikonsumsi untuk melawan kantuk berlebih.

2. Kacang dan biji-bijian

Kacang seperti kenari hingga almond kaya akan lemak omega 3. Lemak tak jenuh yang dibakar dengan cepat bisa menambah energi tubuh dengan cepat. Gula alami dalam kacang juga bisa bantu Anda untuk tetap bersemangat.

Selain itu, biji-bijian seperti biji chia juga bisa menambah energi saat berkendara. Selain menambah energi, biji chia juga menghidrasi tubuh. Berdasarkan keterangan ahli gizi asal AS, Tanya Zuckerbrot, biji chia mengandung banyak air. Menurutnya cara termudah mengonsumsi biji chia ialah dengan mencampurnya dengan air dan perasan jeruk lemon.

3. Yogurt

Yogurt mengandung gula alami. Selain itu, protein yang terkandung di dalamnya juga bisa membuat tubuh lebih bersemangat. Apalagi jika dikonsumsi dalam keadaan dingin. Rasa kantuk akan langsung hilang. Probiotik yang ada dalam yogurt juga bermanfaat untuk sistem pencernaan.

4. Sayuran Hijau

Kalau sahur di restoran yang ada di jalur mudik, jangan lupa mengonsumsi sayuran hijau. Sayuran hijau yang kaya zat besi bisa menghilangkan rasa lelah. Karenanya, kekurangan zat besi atau anemia merupakan salah satu penyebab kelelahan. Selain itu, sayuran hijau juga kaya akan vitamin B yang bantu mengubah makanan menjadi energi.

5. Teh hijau

Hindari minuman yang berkafein tinggi saat bepergian jauh. Karena mengandung sifat diuretik, sehingga memicu tubuh untuk terus buang air kecil. Karenanya daripada meminum kopi, Anda bisa beralih ke teh hijau. Seduhan daun teh hijau mengandung kafein lebih rendah dari matcha dan kopi. Selain itu, mengonsumsi teh hijau bisa mengurangi rasa lesu.

6. Apel

Terdapat dua kandungan nutrisi yang bisa usir kantuk dalam buah apel. Yaitu gula dan vitamin alami. Sebaiknya makan buah apel utuh langsung. Karena hal ini bisa menjaga kandungan vitamin dan gula di dalamnya. Atau kalau malas mengunyah, Anda bisa membuat jus apel utuh tanpa gula tambahan.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *