Lakukan Sekarang! 5 Kebiasaan Kecil Ini Bantu Turunkan Berat Badan

Share this:

Menurunkan berat badan bisa jadi masalah bagi sebagian orang. Kebanyakan terlalu berfokus pada hal-hal yang membuat kita merasa ‘lelah’ duluan dengan membatasi makan yang terlalu ketat dengan asupan kalori kelewat sedikit, atau olahraga berlebihan.

Pada faktanya, memulai dengan perubahan kecil dari kebiasaan pagimu adalah langkah yang mudah untuk membantumu menurunkan berat badan dan pastinya enggak terasa begitu menyiksa.

Dikutip dari Health Line, ini dia deretan kebiasaan baik tersebut yang kamu bisa terapkan — sekarang juga!

1.Mulai dengan air putih

Memulai pagi dengan segelas atau dua gelas air adalah cara mudah untuk meningkatkan penurunan berat badan. Air dapat membantu meningkatkan pembakaran energi setidaknya selama 60 menit.

Dalam satu penelitian kecil, minum 16,9 ons cairan (500 ml) air menyebabkan peningkatan 30 persen dalam tingkat metabolisme. Studi lain menemukan bahwa wanita yang kelebihan berat badan yang meningkatkan asupan air mereka hingga lebih dari 34 ons (satu liter) per hari kehilangan 2 kg selama satu tahun, tanpa membuat perubahan lain dalam diet atau olahraga rutin mereka.

2.Nikmati sinar matahari

Paparan sinar matahari juga merupakan cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin D. Beberapa penelitian menemukan bahwa memenuhi kebutuhan vitamin D dapat membantu menurunkan berat badan dan bahkan mencegah penambahan berat badan.

Dalam sebuah penelitian, 218 wanita yang kelebihan berat badan dan obesitas mengonsumsi suplemen vitamin D atau plasebo selama satu tahun. Pada akhir penelitian, mereka yang memenuhi persyaratan vitamin D mereka kehilangan rata-rata 3,2 kg lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak mengasup cukup vitamin D.

3.Buat bekal makan siang untuk di kantor atau sekolah

Membuat dan mengemas makan siang dapat menjadi cara sederhana untuk membuat pilihan makanan yang lebih sehat dan membantu penurunan berat badan. Sebuah studi yang dipublikasikan di The National Center for Biotechnology Information (NCBI) dengan 40.554 responden menemukan bahwa perencanaan makan dikaitkan dengan kualitas diet yang lebih baik, lebih banyak variasi pola makan dan risiko obesitas yang lebih rendah.

Penelitian lain yang juga terdapat di NCBI menemukan mereka yang makan makanan rumahan setidaknya lima kali per minggu 28 persen lebih kecil kemungkinannya untuk kelebihan berat badan dibandingkan mereka yang hanya makan makanan rumahan tiga kali atau kurang dari itu setiap minggunya.

4.Naik transportasi umum

Mungkin naik mobil sendiri akan lebih mudah untuk menuju kantor, tapi kenapa tidak pakai transportasi umum saja kalau memang salah satu goal-mu tahun ini adalah menurunkan berat badan.

Penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki, bersepeda atau menggunakan transportasi umum dapat dikaitkan dengan berat badan yang lebih rendah dan mengurangi risiko penambahan berat badan. Satu studi yang mengikuti 822 orang selama empat tahun menemukan bahwa mereka yang mengendarai mobil cenderung untuk mendapatkan berat lebih dari komuter yang tidak naik mobil.

5.Berlatih ‘mindfulness’

Mindfulness adalah praktik yang berfokus pada momen saat ini dan membawa kesadaran pada pikiran dan perasaan. Praktik ini telah terbukti meningkatkan penurunan berat badan dan mempromosikan kebiasaan makan yang sehat.

Sebagai contoh, analisis dari 19 penelitian menemukan bahwa intervensi berbasis ‘mindfulness’ meningkatkan penurunan berat badan dan mengurangi perilaku makan yang berhubungan dengan obesitas.

Share this: