Luar Biasa! Ini 4 Manfaat Sehat Makan Makanan Pedas

Share this:

Siapa bilang makan makanan pedas tak ada manfaatnya? Tak selalu berujung pada gangguan kesehatan, jika dikonsumsi secara wajar, konsumsi cabai dan makanan pedas juga bisa memberikan manfaat positif.

Makan makanan pedas merupakan kenikmatan bagi hampir semua orang. Sensasi mulut dan lidah yang terasa seperti terbakar tak menghalangi penggemar makanan pedas untuk melahap makanan pedas tersebut.

Dikutip dari Shape, berikut 4 manfaat sehat konsumsi makanan pedas:

1.Menurunkan berat badan

Makanan pedas rupanya dapat meningkatkan metabolisme yang berefek pada penurunan berat. Senyawa utama dalam cabai yang disebut capsaicin memiliki sifat termogenik dan membantu tubuh untuk membakar lebih banyak kalori setelah makan makanan pedas.

2.Memperbaiki mood dan memori

Kunyit merupakan salah satu bumbu yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi. Kunyit juga mempunyai cita rasa yang pedas.

Para peneliti dari University of California melakukan penelitian yang mengungkapkan bahwa konsumsi kunyit setiap hari bisa membantu menjaga kesehatan kognitif dengan meningkatkan suasana hati dan memori.

3.Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Penelitian yang diterbitkan dalam makalah Current Cardiology Review melaporkan bahwa rempah-rempah seperti kunyit, lada hitam, kayu manis dan ketumbar adalah kunci untuk menjaga kesehatan jantung yang baik.

Rempah-rempah mengandung antioksidan yang berpotensi menghambat asam lemak yang beredar dalam sistem kardiovaskular. Di samping itu, sensasi ‘hot’ pada rempah-rempah juga meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

4.Mencegah kanker

Manfaat lain dari kunyit adalah dapat membantu mengurangi risiko kanker. Menurut Organisasi Penelitian Kanker di Inggris, curcumin memiliki kemampuan untuk membunuh beberapa sel kanker serta mencegahnya tumbuh menjadi penyakit yang ganas. Kunyit jauh lebih efektif dibandingkan dengan lada hitam, jadi lindungi tubuh dengan memasak makanan setidaknya sesekali dengan menggunakan kunyit.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *