Mengandung Mineral Abu Vulkanik, Dinding Ini dapat Menyerap Bau dan Lembab

Share this:

Rumah yang baik adalah rumah yang bukan hanya menunjang kenyamanan namun juga kesehatan bagi penghuni di dalamnya. Mulai dari lantai, dinding, hingga atap harus bisa menunjang keduanya.

Salah satunya bisa didapatkan dari dinding ecocarat, suatu dinding berpola yang memiliki fungsi khusus untuk kesehatan dan kebersihan, yaitu dapat menyerap bau dan lembab.

“Ecocarat yang membedakan dari tiles lain yaitu menyerap kelembaban kalau lembab, dan kalau ruangan kering tetap terjaga kelembabannya,” ujar Product Manager Tiles LIXIL, Kharisma Nur Maulida kepada detikHealth.

Bukan hanya itu, ecocarat yang mengandung mineral abu vulkanik Jepang ini juga bisa menyerap bau, misalnya bau rokok dan hewan peliharaan. Serta mampu mengurangi perkembangan tungau dan bakteri.

“Materialnya nggak mengandung formaldehyde, sehingga tidak menghasilkan residu,” tegasnya.

Penyerapan bau sudah diuji dengan dua wadah berisi kopi, yang satu dimasukkan ecocarat sedangkan lainnya tidak. Wadah kopi yang tidak dimasukkan ecocarat masih tercium pekat aroma kopinya, tetapi wadah yang terdapat ecocarat di dalamnya tidak memiliki bau apa-apa.

Bahkan menurut Akihiro Kimura, manager marketing Showroom LIXIL di Nagoya Jepang, ecocarat ini dapat menyerap adanya bahan kimia yang terdapat pada proses pembangunan suatu bangunan.

“Ya ini bagus sekali karena bisa menyerap bahan kimia. Tapi cukup mahal,” tuturnya.

Karena fungsinya yang cukup baik, di Jepang ecocarat dibandrol sekitar 8.000-13.000 Yen atau setara dengan 900.000-1.500.000 rupiah per blok yang berukuran satu meter persegi. Ecocarat ini tidak hanya bisa digunakan di dinding, namun bisa juga untuk langit-langit.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *