Mudik Bawa Anak Kecil, Simak Dulu Tipsnya

Share this:

Akhir pekan ini arus mudik Lebaran mulai melonjak tajam. Kalau Anda mudik hari ini sambil membawa anak kecil, simak dulu tipsnya biar lancar ya.

Melakukan perjalanan jauh dengan anak, apalagi di bawah usia 10 tahun mungkin memiliki tantangan tersendiri. Apalagi jika dia belum pernah melakukan perjalanan jauh sebelumnya dan berkunjung ke luar daerah.

Nah, bagi traveler yang ingin mudik dengan anak harus tahu nih tips berikut. detikTravel telah merangkum, Sabtu (9/6/2018) beberapa hal yang harus traveler perhatikan jika mudik membawa anak kecil.

1. Jelaskan mudik itu apa

Sebelum mengajak anak bepergian mudik, traveler harus jelaskan perjalanan mudik itu apa. Mintalah pendapatnya ingin perjalanan seperti apa, biar nanti mudiknya nyaman.

Traveler bisa juga memaparkan tujuan mudik ke mana dan menggunakan kendaraan apa. Dari situ setidaknya si kecil bisa membayangkan bagaimana perjalanan yang akan dia hadapi.

2. Siapkan perlengkapan anak

Demi kemudahan dan kenyamanan, traveler harus persiapkan perlengkapan anak sebaik mungkin. Kelompokan mana barang yang harus selalu ada (seperti pampers, pakaian dalam, tisu, celana, baju ganti) dan barang yang tidak harus dibuka selama perjalanan (baju Lebaran, sepatu). Jadi traveler tidak sulit mencari barang yang dibutuhkan.

Gunakanlah tas yang tidak terlalu besar, supaya traveler tidak kewalahan membawanya sembari memegang si kecil di saat mudik.

3. Bawalah barang kesayangan si kecil

Demi kenyamanan dan supaya si kecil tidak rewel, bawalah mainan kesayangan si kecil supaya dia nyaman selama perjalanan. Seperti boneka, mobil-mobilan kecil, robot dan sebagainya.

Jadi selama perjalanan, traveler juga bisa bermain bersama di kecil dengan mainan kesayangannya.

4. Gunakan car seat

Untuk bayi dan balita, biasanya duduk di kursi mobil atau kendaraan pribadi bisa menjadi hal yang cukup sulit. Solusinya adalah membawa car seat khusus bayi.

Namun, apabila tidak memiliki car seat, traveler juga bisa membawa bantal dan guling serta selimut untuk memberikan ruang khusus anak. Ini agar si kecil tetap merasa nyaman dan terjaga keamanannya.

5. Sedia P3K

Saat mudik Lebaran, kadang hal yang tidak terpikirkan sering terjadi, seperti sakit secara mendadak. Antisipasinya, bawalah peralatan P3K dasar.

Isinya dapat berbagai macam. Seperti alkohol antiseptik, kapas, tisu, minyak angin atau obat-obatan pereda nyeri yang cocok untuk anak. Yang paling penting untuk menjaga daya tahan tubuh adalah vitamin, atau traveler bisa membawa perasan lemon dan madu agar lebih alami dan mudah dibawa.

6. Persiapakan MPASI dan makanan ringan

Bayi yang sudah berusia di atas 6 bulan biasanya didampingi makanan tambahan selain ASI. Persiapkan makanan pendamping beberapa hari sebelum keberangkatan mudik Lebaran.

Jika ingin mudah, bawalah biskuit instan untuk bayi, jangan lupa untuk membawa penghangat atau botol air panas serta pendingin untuk stok cadangan ASI. Bagi yang sudah balita, bisa dibawakan beberapa camilan seperti biskuit atau buah. Ini sangat berpengaruh terhadap stok asupan anak selama perjalanan mudik Lebaran.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *