Mulur Legit Es Krim Turki yang Disajikan dengan Atraksi

Share this:

Turki juga punya kreasi es krim lezat bernama donsurma. Es krim ini punya rasa yang legit, bertekstur mulur, dan tak mudah leleh.

Donsurma merupakan salah satu es krim asal Turki yang populer. Dondurma sendiri berasal dari bahasa Turki yang artinya membekukan. Sajian manis dingin ini terbuat dari susu, gula, dan bahan pengental yang terbuat dari tepung akar anggrek ungu muda dan mastic. Pengental alami ini membuat tekstur es krim lengket, mulur, dan tak mudah leleh.

Umumnya, dondurma dijual dengan gerobak es krim. Penjualnya biasa mengenakan rompi dan peci, mirip sosok Aladin. Di Turki sendiri, es krim ini sangat terkenal di wilayah KahramanmaraƟ. Sehingga di sana, terkenal es krim maras donsurmas.

Es krim ini tersaji di atas cone es krim. Sepintas memang terlihat biasa. Namun selain punya tekstur kenyal mulur yang unik, es krim Turki ini punya rasa yang manis legit. Rasa gurih manis susu sangat terasa.

Tak hanya di Turki, donsurma sangat populer di Indonesia. Di sini, donsurma lebih dikenal dengan nama Es Krim Turki. Sama seperti di negara asalnya, es krim Turki dijajakan di sebuah gerobak es krim. Umumnya penjual es krim Turki mudah ditemukan di dalam pusat perbelanjaan.

Uniknya, ada atraksi yang dilakukan penjual saat es krim ini dipesan. Atraksi ini digunakan untuk ‘mengerjai’ pembeli saat mengambil es krim yang dipesan. Hal ini selalu membuat gelak tawa pembeli.

Awalnya sang penjual mengambil es krim dengan sendok besi panjang. Ternyata sendok panjang ini memang dibuat khusus untuk beratraksi.

Begitu selesai menyendokkan es krim di atas cone, sang penjual menempelkan bagian ujung es ke sendok itu. Es krim itu akan menempel pada ujung sendok lantaran es krimnya tak mudah leleh.

Ia kemudian memberikannya langsung ke pembeli. Begitu pembeli memgang bagian ujung cone es krim, sendok panjang tadi diputar oleh sang penjual. Sehingga pembeli tak bisa mengambilnya.

Namun setelah mengeluarkan beberapa cara ‘menggoda pembeli’ dengan es krim, sang penjual pun memberikan es krimnya langsung dengan tangannya pada pembeli.

Walau begitu, banyak orang yang merasa kesal dengan aksi sang penjual. Seperti yang dialami seorang bocah laki-laki yang viral bulan Mei lalu.

Bocah itu viral lantaran videonya saat kesal karena ‘dikerjai’ sang penjual es krim Turki dibagiakan banyak netizen. Dalam video itu, ia tak berhasil mengambil es krim pesanannya. Saking kesalnya, ia memasukkan tisu es krim ke dalam mulut dan mengunyahnya.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *