Musuh Datang, 7 Hewan Ini Melakukan Hal-hal Unik untuk Bertahan

Share this:

Musuh Datang, 7 Hewan Ini Melakukan Hal-hal Unik untuk Bertahan

Saat berada dalam kondisi bahaya, secara natural tubuh akan melakukan tindakan responsif baik itu pada manusia atau hewan. Jika manusia merasa terancam atau ada di situasi yang membahayakan, maka akan melakukan pertahanan mungkin lari, teriak minta tolong, atau melawan. Hewan ternyata juga mempunyai jurus-jurus andalan untuk mempertahankan diri di dalam kondisi bahaya seperti saat ada pemangsa. Alam memang begitu misterius dan menarik untuk dipelajari. Salah satunya adalah cara bertahan beberapa hewan berikut yang cukup aneh dan menarik.

Cara Hewan Bertahan yang Unik

Kemampuan untuk mempertahankan diri seekor hewan dengan kamuflase mungkin biasa dan sudah banyak yang mengetahuinya. Namun beberapa hewan berikut memiliki cara unik dan beda dari lainnya untuk mempertahankan diri.

  1. Hagfish

Hewan ini dikenal dengan bentuk tubuhnya yang hampir menyerupai belut. Cara bertahan hewan ini adalah dengan mengeluarkan lendir. Hebatnya, pada sebuah penelitian terdapat hagfish yang 14 kali dimangsa ternyata bisa lolos dan tidak terluka sedikit pun berkat lendir di tubuhnya.

  1. Texas Horned Lizard

Hewan sejenis kadal Amerika ini juga mempunyai jurus-jurus untuk mempertahankan diri. Selain bisa berkamuflase atau menyembunyikan diri, kadal yang satu ini juga mempunyai cara lain yang lebih unik saat menghadapi musuh atau pun pemangsa. Dalam kondisi berbahaya, kadal ini akan melakukan pertahanan dengan menggelembungkan tubuhnya dan kemudian membalikan posisi tubuhnya. Lebih unik lagi, cara pertahanan dirinya adalah dengan menyemprot darah dari bagian matanya.

  1. Opossum

Jika Anda belum tahu hewan seperti apa itu opossum, bisa melihat di film Ice Age. Tokoh kartun kembar yang selalu bersama mamot tersebut memiliki jurus andalan untuk mengelabuhi musuh dan pemangsanya. Opossum akan melakukan tingkah unik yakni berpura-pura mati. Tubuhnya pun mampu melakukan jurus pura-pura mati dengan sangat baik. Opossum bisa pura-pura mati hingga berjam jam, bahkan dapat mengeluarkan bau yang menusuk untuk meyakinkan musuh bahwa sudah mati.

  1. Termites

Termites merupakan serangga yang hidupnya dengan cara berkoloni. Cara mempertahankan dirinya bisa dibilang aneh yaitu dengan mengorbankan salah satu anggota. Jika ada musuh atau pemangsa, termites yang sudah tua akan mengorbankan dirinya mati untuk dimangsa. Cara ini dapat menyelamatkan koloni, sebab di dalam tubuh termites yang dimangsa tersebut terdapat racun alami. Racun ini lah yang akan membuat musuh lumpuh dan kalah.

  1. Timun laut

Hampir sama seperti termites yang menggunakan racun sebagai senjata utama untuk mengalahkan musuh. Timun laut juga mempunyai racun untuk mempertahankan diri. Hanya saja caranya sedikit berbeda, timun laut yang merasa terancam akan mengeluarkan organ dalam melalui anus. Organ tubuh dalam tersebut lengket dan mengandung racun.

  1. Hairy Frog

Hewan katak tentunya sudah banyak diketahui, namun untuk cara bertahan pada katak jenis hairy frog sepertinya belum banyak diketahui. Di saat situasinya ada dalam bahaya, hewan ini akan mempertahankan diri dengan mematahkan tulang. Tulang yang patah itu lah yang akan muncul ke permukaan kulit dan berubah menjadi senjata karena bisa melukai hewan apa saja yang menyentuhnya.

  1. Newt

Hewan yang sama-sama mempertahankan diri dengan melukai diri sendiri adalah newt. Hanya saja newt mematahkan tulang di bagian tulang iga. Tulang iga yang telah patah akan keluar ke permukaan kulit dan membuat barisan tajam yang bisa melukai musuh atau hewan lain yang terkena tulang iganya.

Itulah cara-cara unik dan aneh yang dilakukan oleh hewan demi mempertahankan kelangsungan hidupnya dari bahaya atau musuh.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *