Ngaku Pendaki Tapi Kok Petik Edelweis?

Share this:

Pendaki di Gunung Merbabu ketahuan memetik bunga Edelweis. Sebenarnya, para pendaki sudah tahu aturan dan apa-apa saja yang dilarang di gunung.

Dari postingan Instagram resmi Taman Nasional Gunung Merbabu, tngunungmerbabu_official pada Rabu (4/7/2018) seorang pendaki ketahuan memetik bunga edelweis oleh petugas Taman Nasional Gunung Merbabu. Langsung dikasih hukuman, membersihkan sampah di pos 3 jalur pendakian Swanting

Dalam video yang diposting Instagram tngunungmerbabu_official, terlihat adu argumen antara petugas Taman Nasional Gunung Merbabu dan si pendaki yang memetik bunga edelweis itu. Si pendaki bilang dia tidak tahu, tapi dengan tegas petugas taman nasional menjelaskan sudah ada aturan.

Dalam video tersebut, banyak juga netizen yang dibuat gemas. Banyak yang bilang, pendaki kok malah merusak lingkungan dan tak taat aturan.

“Sepertinya dia mmg bukan seorang pendaki. Naik gunung cuma mau gaya gayaan,” komentar akun mhdhafiz***.

“Mendaki cuma arep update foto biar Hits trus biar viral, mbok wis tuku kembang ng pasar kembang kae akeh,” tulis purnomowahy***.

“Yg suka petik bunga edelwis adalah pendaki alay,” ujar ikaponysi***.

“Jangan ambil apapun selain gambar,” tulis akun railpac***.

“Hukumannya kurang berat itu, mustahil dia gak tau bunga edelweiss dilindungi di zaman internet seperti sekarang. harusnya gak cuma merbabu yang blacklist tapi semua gunung di indonesia harus blacklist nama2 mereka,” ujar akun yogaputra***.

Bunga edelweis dilindungi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Hayati Ekosistem pasal 33 ayat 1. Ancamannya bisa berupa denda dan kurungan penjara.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *