Pegal-pegal Saat Mudik? Akupunktur Bisa Meredakannya Lho

Share this:

Mudik ke kampung halaman yang jauh bisa membutuhkan waktu lama di perjalanan. Tak ayal tubuh pun mudah sekali merasa pegal-pegal bahkan merasa nyeri.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk meredakannya, salah satunya metode akupunktur (biasa ditulis akupuntur). Selain layanan pijat, sekarang layanan akupunktur juga tersedia di beberapa posko mudik.

Akupunktur merupakan pengobatan alternatif China kuno yang melibatkan jarum tipis yang ditusukkan ke kulit. Beberapa penelitian mengungkapkan manfaat dari metode ini, mulai dari mengurangi rasa sakit, nyeri, dan pegal, terutama di bagian punggung dan leher, serat sakit kepala.

Dikutip dari Health Line, penelitian menunjukkan bahwa jarum yang digunakan bisa menstimulasi saraf dan mengirim sinyal ke otak untuk melepaskan beta-endorfin, yaitu zat kimia yang berfungsi sebagai pereda nyeri.

Teori lain pun mengatakan bahwa akupunktur bisa mengubah sel-sel jaringan ikat di sekitar titik nyeri. Selain itu akupunktur juga bisa merangsanga saraf vagus yang membentang dari batang otak ke usus besar, dan dapat menurunkan peradangan di seluruh tubuh.

Menurut Charles Levy, dokter di pusat Gainesville VA di Florida, akupunktur bisa mengatasi sakit kepala, sakit punggung, nyeri muskuloskeletal, dan nyeri neuropatik.

“Tetapi hasilnya sangat tergantung pada rasa sakit, praktisi, dan pasien,” tegasnya.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *