Pensiunan dan PNS yang Belum Dapat THR Bisa Diurus Usai Lebaran

Share this:

Tahun ini pemerintah memutuskan untuk memberi tunjangan hari raya (THR) buat pensiunan PNS. Namun, rupanya tak semua dari mereka memperoleh THR.

Salah satu kekecewaan tersebut diungkapkan pembaca detikcom.

Aroel, beralamat di Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan (Kalsel), mengatakan hanya salah satu orang tuanya yang menerima THR. Padahal keduanya merupakan suami istri berstatus pensiunan PNS.

“Ayah (saya pensiunan PNS) di Pemda Kabupaten Hulu Sungai Utara, ibu saya guru SD di Kabupaten Hulu Sungai Utara,” katanya kepada detikFinance seperti ditulis Rabu (13/6/2018).

Berdasarkan informasi yang dia ketahui, semestinya kedua orang tuanya mendapatkan THR. Namun setelah diproses hanya salah satu yang memperoleh hak tersebut. Pihak penyalur THR menyampaikan ketentuan tersebut ada di Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu) Nomor 54/PMK.05/2018 Pasal 4 Ayat 1.

Permenkeu Nomor 54/PMK.05/2018 mengatur tentang petunjuk pelaksanaan teknis pemberian THR 2018 bagi PNS, TNI, Polri, pejabat negara, penerima pensiun, dan penerima tunjangan. Dari keterangan yang dia terima itu, maka suami istri pensiunan PNS, yang mendapat THR hanya salah satunya, berdasarkan nominal terbesar.

Ternyata tak hanya orang tuanya, kata dia pensiunan lain yang berstatus suami istri juga banyak yang hanya salah satunya menerima THR. Itu diketahui saat pengambilan THR di Kantor Pos.

Adapun yang membuat dia heran, ada suami istri pensiunan PNS yang keduanya mendapat THR.

Kondisi tersebut pun dia sampaikan ke pihak penyalur THR. Penjelasan yang dia dapat bahwa pensiunan PNS suami istri yang mendapat dua THR, salah satunya harus dikembalikan.

“Katanya nanti yang dapat dua itu nanti harus kembalikan ke negara, Taspen juga menjelaskan kayak gitu,” tambahnya.

Adakah solusi untuk permasalahan tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *