Penting! Tips Atur THR untuk Bujet Libur Lebaran

Share this:

Uang THR dari kantor jangan habis buat belanja dan angpau keponakan. Atur THR dengan benar supaya bisa dipakai buat libur Lebaran.

Hari ini sudah banyak traveler yang mudik ke kampung halaman, tentu dengan uang THR di tangan. Biasanya THR akan langsung dibelanjakan macam-macam.

Padahal kalau traveler sejati, uang THR ini bisa jadi sumber pemasukan buat anggaran traveling selanjutnya. Dihimpun detikTravel, Senin (11/6/2018) inilah aneka tips membelanjakan THR untuk para traveler sejati:

1. Tahan diri dari beli gadget atau baju

Pikir dua kali sebelum menghabiskan THR untuk beli baju Lebaran atau gadget anyar. Hijab atau baju koko yang kemarin masih bagus kok, yakin mau beli yang baru.

Gadget juga masih oke, tidak usah tergiur membeli gadget baru. Uangnya bisa dialokasikan untuk kebutuhan liburan kamu.

2. Siapkan uang THR untuk mudik sambil wisata

Kalau naik mobil pribadi, perjalanan mudik enaknya dibawa santai. Jangan ngoyo dan buru-buru sampai ke kampung halaman. Jaga stamina dan rehat beberapa kali di tengah jalan.

Nah, rehatnya sekalian di objek wisata. Kalau lewat Pantura atau Pansela, bisa melipir dulu ke pantai menikmati suasana. Kalau lewat jalur tengah, ada beberapa spot istirahat di hutan wisata, candi atau objek wisata sejarah lainnya.

Duit buat mampir berwisata dari mana? Ya dari uang THR dong.

3. Pakai THR untuk wisata di kampung halaman

Namanya pulang ke kampung halaman, pasti pengen jalan-jalan juga dong. Pasti ada spot wisata yang baru di kota kelahiran kamu. Enaknya mampir ke sana bareng keluarga.

Nah, kamu bisa tuh pakai uang THR kamu buat berwisata bersama keluarga. Bisa traktir makan di tempat wisata kuliner baru. Atau, patungan bareng sepupu yang lain sewa kapal keliling danau atau pantai. Asyik kan!

4. Borong oleh-oleh saat mudik Lebaran

Dari pada belanja baju atau gadget, mending uang THR dipakai belanja sesuatu yang menarik saat mudik Lebaran. Mungkin di kampung halaman ada oleh-oleh makanan khas yang lezat. Kamu bisa borong untuk dimakan sendiri atau bersama teman-teman sekantor.

Bisa jadi di kampung halaman ada barang-barang unik seperti batik, kain tenun atau barang-barang dekorasi yang menarik. Pakailah uang THR untuk belanja barang dan makanan yang kamu senangi.

Inilah saatnya kamu berpikir beda. Uang THR bisa jadi amunisi tambahan untuk bujet liburan saat mudik Lebaran!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *