PT Ganesha Putra Indonesia Tak Terima Dibilang Bodong

Share this:

Satuan tugas waspada investasi beberapa hari lalu menerbitkan daftar 20 entitas yang kegiatan usahanya dicurigai merugikan.

Salah satunya adalah PT Ganesha Putra Indonesia yang berlokasi di Semarang yang kegiatan usahanya dihentikan karena penjualan produk kecantikan bernama “G4nesh Premium Soap & Beauty” secara multilevel marketing.

Dari pemberitaan tersebut, PT Ganesha Putra Indonesia menyatakan telah melengkapi segala perizinan yang diperlukan untuk menjalankan usaha MLM.

Padahal PT Ganesha Putra Indonesia sudah memiliki Tanda Daftar Perusahaan yang disebut dengan Nomor Induk Berusaha (NIB) yaitu 8120000701771 dan kode KBLI adalah 47999 yang berlaku mulai 17 Juli 2018. Kemudian izin komersial atau operasional yang dikeluarkan tanggal 17 Juli 2018.

Sementara itu, Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing menjelaskan perusahaan tersebut tidak memiliki izin untuk menjalankan kegiatan multi level marketing.

“Perusahaan tersebut tidak mempunyai Surat Izin Usaha Penjualan Langsung (SIUPL) dalam melakukan pemasaran secara langsung (MLM). SIUP tidak dapat digunakan untuk kegiatan MLM,” kata Tongam kepada¬†detikFinance, Kamis (2/8/2018).

Sebelumnya Satgas waspada investasi telah memanggil dan mendorong 20 entitas tersebut untuk mengurus perizinannya sesuai ketentuan perundang-undangan. Seluruh instansi terkait telah berkomitmen untuk memperlancar proses perizinan kegiatan usaha tersebut sepanjang telah memenuhi persyaratan.

“Masyarakat selalu berhati-hati dalam menggunakan dananya. Jangan sampai tergiur dengan iming-iming keuntungan yang tinggi tanpa melihat risikonya,” ujar ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing dalam keterangan tertulis.

Informasi mengenai daftar perusahaan yang tidak memiliki izin dari otoritas berwenang dapat diakses melalui Investor Alert Portal pada www.sikapiuangmu.ojk.go.id.
Jika menemukan tawaran investasi yang mencurigakan, masyarakat dapat mengkonsultasikan atau melaporkan kepada Layanan Konsumen OJK 157, email konsumen@ojk.go.id atau waspadainvestasi@ojk.go.id.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *