Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak Diramal Selasa Malam Ini

000365400_1522368200-IMG-20180330-WA0006
Share this:

Kementerian Per hubungan (Kemenhub) memperkirakan lonjakan penumpang di Pelabuhan Merak akan terjadi pada Selasa malam ini. Hal itu diprediksi lantaran jumlah penumpang yang hendak menyeberanglewat pelabuhan di ujung barat Pulau Jawa tersebut masih minim selama beberapa hari terakhir.

Ketua Harian Posko Mudik Lebaran Kementerian Perhubungan Junaedi menyampaikan, peningkatan ini kemungkinan bisa terjadi karena ada beberapa perusahaan swasta yang baru meliburkan para pegawainya hari ini.

Kita prediksi akan terjadi lonjakan penumpang nanti malam, ini khusus untuk angkutan penyeberangan. Untuk hari ini data memang belum masuk, tapi kami prediksi melonjak karena trennya memang beda dengan tahun lalu yang liburnya memusat, sedangkan tahun ini pekerja swasta kan baru libur hari ini,” ungkap dia di Gedung Kementerian Perhubungan, Selasa (12/6/2018).

Dia juga menyebutkan, sejak H-8 sampai H-4 Lebaran jumlah penumpang di Pelabuhan Merak menurun dibanding tahun sebelumnya, yakni mencapai 29,14 persen.

Data milik Kemenhub menunjukan, secara perbandingan, jumlah penumpang tahun ini yang terakumulasi hingga H-4 masih lebih kecil dari 2017, yakni 952.460 berbanding 675.025 orang.

Sementara untuk H-3, Junaedi mengatakan, telah terjadi lompatan dicari hari-hari sebelumnya, yaitu 333.308 penumpang.

Berbagai langkah antisipatif pun telah Kemenhub persiapkan demi mencegah terjadinya lonjakan penumpang yang lebih besar. Junaedi menyatakan, pihaknya sudah mempersiapkan 58 kapal besar serta enam dermaga yang siap dioperasikan hari ini.

“Kita juga siapkan kantong-kantong parkir dan petugasnya untuk mengamankan situasi bila terjadi antrean panjang lagi,” tukas dia.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *