Saran Dokter untuk Nonton Bola di Gadget

Share this:

Ketinggalan menonton pertandingan sepakbola piala dunia 2018 semalam? Masih bisa review melalui gadget kan? Siapa nih yang biasanya nonton video di gadget sambil tiduran santai atau bahkan asyik merunduk terlalu lama?

Sering menonton video di gadget sambil tiduran atau merunduk, sehat nggak ya? Simak penjelasan dari dokter yuk.

Menurut dr Zeiras Eka Djamal, SpM, menonton pertandingan bola di gadget sambil tiduran otomatis jarak pandangnya dekat dan menimbulkan dampak pada mata.

“Tidak disarankan menonton sambil merunduk ataupun tiduran, jarak menonton dengan gadget sebaiknya 30 cm, jangan terlalu dekat. Terlalu dekat dan dalam jangka lama bisa menyebabkan keletihan mata,” ujar dr Zeiras yang berpraktik di Jakarta Eye Center, kepada detikHealth.

Sedangkan dokter saraf dari RS Medistra, dr Rimawati Tedjasukmana, SpS, menyebut bahwa menonton pertandingan bola menggunakan gadget dengan posisi kepala merunduk terlalu lama juga mengakibatkan tengkuk pegal. Bahkan dampak jangka panjang bisa mengakibatkan sering sakit kepala.

“Posisi menonton yang baik adalah sejajar dengan mata kita atau sedikit lebih rendah untuk kenyamanan mata dan leher kita selama menonton,” ujar dr Zeiras.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *