Selain Kue Kering, Aneka Camilan Gurih Ini Wajib Ada Saat Lebaran

Share this:

Selain kue kering dan cake. Camilan gurih juga jadi hidangan wajib yang harus ada ketika lebaran. Dari kacang, biji ketapang, hingga keripik.

Lebaran sudah di depan mata. Jika kue kering sudah disiapkan, jangan lupa siapkan juga camilan gurih khas yang selalu ada di hari raya. Apalagi bagi Anda penggemar makanan gurih, 7 camilan ini bisa membuat kumpul bersama keluarga di hari raya semakin spesial.

Berikut tujuh camilan gurih, yang jadi favorit di hari lebaran.

1. Keripik

Kriuk renyah dari keripik, membuat camilan ini bisa ditemui di setiap rumah, terutama ketika hari raya. Varian keripik juga banyak ragamnya. Ada keripik singkong, keripik pisang, keripik kentang, hingga keripik umbi yang renyah dan gurih. Kalau tidak sempat buat sendiri, aneka keripik ini banyak ditemukan di toko-toko kue, hingga pasar tradisional. Ada yang dikemasan, ada juga yang kiloan.

2. Kacang

Camilan yang satu ini paling mudah dan praktis untuk diolah. Terutama kacang goreng, yang jadi camilan favorit sebagai teman berbincang bersama keluarga. Cara pembuatannya cukup mudah, pilihlah kacang tanah yang bagus, rendam dalam air mendidih kemudian kupas cangkang dan tiriskan. Goreng kacang hingga kekuningan, lalu campur dengan irisan bawang putih goreng dan sedikit garam. Dijamin bikin nagih!

3. Biji ketapang

Kalau suka makanan dengan rasa manis dan gurih, pilihlah biji ketapang sebagai camilan pelengkap di hari raya. Camilan khas Betawi ini, terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan mentega yang membuat rasa manis dan gurih. Sejak dulu camilan ini memang dijadikan sebagai hidangan masyrakat Betawi, untuk lebaran atau acara pernikahan.

4. Rengginang

Jenis kerupuk yang satu ini memang cukup digemari. Bahkan setiap wilayah memiliki rengginang sendiri. Umumnya kerupuk ini terbuat dari beras ketan atau nasi yang sudah dikukus, kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari sebelum di goreng hingga garing. Meski termasuk camilan tradisional, tapi kini sudah banyak toko kue atau pasar tradisional yang menjual rengginang yang masih kering, atau sudah jadi.

5. Kembang goyang

Selain namanya yang unik, camilan klasik asal Betawi ini punya bentuk yang unik. Untuk membuatnya tidak sembarangan lho, dibutuhkan keterampilan agar bentuknya mirip seperti kembang. Untuk meraciknya dibutuhkan cetakan alumunium berbentuk kembang, yang telah dicelupkan dalam minyak panas. Tertarik untuk membuat kembang goyang sendiri? Cek resep lengkapnya di sini.

6. Sumpia

Sering ditemui di dalam toples-toples camilan ketika lebaran, dan lebih sering disebut lumpia mini. Padahal camilan gurih yang satu ini, bernama sumpia. Mirip dengan lumpia, sumpia punya tekstur kriuk renyah dengan rasa gurih. Isian sumpia, biasanya dibuat dari ebi atau abon. Sumpia banyak di jual di kemasan, atau per gram.

7. Telur gabus

Camilan ini sering disebut telur gabus atau telur beranak. Bentuknya mirip telur ikan gabus. Camilan kering ini awalnya, diracik dari lapisan gula merah, atau gula putih, tapi ada juga yang polos. Kini telur gabus juga memiliki banyak varian, salah satunya yang paling populer adalah, stik gabus keju yang gurih dan sedap.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *