Tak banyak yang tahu, 5 buah lokal ini baik jaga kesehatan ginjal

Share this:

Di tubuh manusia terdapat organ-organ yang jumlahnya tidak terhitung. Setiap organ mempunyai fungsi dan tugasnya masing-masing. Salah satunya seperti ginjal yang memiliki fungsi penting bagi tubuh.

Meski berukuran kecil, ginjal mempunyai fungsi membersihkan darah dari zat-zat tidak berguna dengan cara membuangnya melalui saluran kemih. Ginjal mengandung sekitar satu juta nefron yang merupakan saringan darah sangat kecil.

Tidak mengherankan menjaga kesehatan organ yang satu ini wajib hukumnya. Menjaga kesehatan dan fungsi ginjal bisa dilakukan dnegan menjaga tekanan darah dan kolesterol, mengonsumsi makanan rendah garam dan mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah.

Nah ternyata beberapa buah lokal juga baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Apa sajakah itu? Berikut 5 buah lokal yang baik untuk jaga kesehatan ginjal, seperti dirangkum brilio.net dari 1health.id, Kamis (23/8).

1. Manggis.

Buah yang sudah banyak dijual dalam bentuk ekstraknya ini ternyata dapat menjaga kesehatan ginjal. Manggis mengandung cukup banyak zat gizi seperti vitamin A, B6, B12 dan C yang menghasilkan cryptoxanthin sebagai antioksidan bagi tubuh. Buah ini mampu membantu melindungi ginjal dari radikal bebas.

 

2. Rambutan.

Buah dengan bentuk kulit yang unik ini mengandung vitamin C yang cukup banyak. Sehingga dapat membantu ginjal memperlambat laju oksidasi radikal bebas. Selain itu, kandungan serat pada rambutan juga cukup baik bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan.

 

3. Apel malang.

Apel malang mempunyai kandungan serat yang tinggi dan memiliki sifat anti-inflamasi. Selain itu, kandungan vitamin seperti A, B, C dan kandungan lainnya seperti, fosfor, kalsium, magnesium, natrium dan kalium membuat buah ini mampu menjadi penghancur batu ginjal. Zat gizi yang terkandung dalam apel malang juga bisa mencegah risiko penyakit-penyakit yang dapat memicu terjadinya gangguan ginjal.

 

4. Mengkudu.

Meski memiliki bau yang cukup menyengat, namun mengkudu mempunyai manfaat bagi kesehatan ginjal lho. Mengonsumsi jusmengkudu dalam jumlah yang cukup dapat membantu menghancurkan batu ginjal. Selain itu, mengkudu juga kaya akan vitamin E yang mampu menghadang bakteri masuk ke dalam tubuh sehingg baik bagi kekebalan tubuh.

 

5. Duku.

Buah musiman ini ternyata kaya akan kandungan antioksidan. Selain itu, duku juga mengandung vitamin C yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol tubuh yang bisa memicu terjadinya gangguan pada ginjal.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *