Tanamkan semangat cinta tanah air, daerah ini gelar karnaval

750x500-tanamkan-semangat-cinta-tanah-air-daerah-ini-gelar-karnaval-170131v
Share this:

Dalam rangka memupuk dan menanamkan semangat cinta tanah air, Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), akan menggelar lomba karnaval perjuangan Pahlawan.

Kepala Disdikbud Tanbu, Sartono, melalui Kasi Seni dan Budaya, Akhmad Faizin, mengatakan, lomba karnaval 7 Pebruari dilaksanakan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Pahlawan Perjuangan Masyarakat di Pagatan, dalam mempertahankan kemerdekaan Negara Republik Indonesia pada tahun 1946 silam.

Adapun tujuan dilaksanakannya lomba karnaval adalah, untuk menanamkan nilai – nilai budaya luhur warisan nenek moyang, kepada generasi penerus yang ditekankan pada aspek keperwiraan, yang mengandung makna berani rela berkorban demi bangsa dan negara.

“Selain itu, kegiatan dilaksanakan juga untuk menanamkan rasa hormat dan penghargaan yang tinggi terhadap jasa dan perjuangan para pahlawan kusuma bangsa, serta menanamkan semangat selalu cinta tanah air dan menjalin rasa persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara, ” kata Faizin, di Tanah Bumbu, Selasa (31/1).

Lomba karnaval sendiri merupakan perlombaan barisan atau arak – arakan berjalan kaki, oleh tim peserta yang menggambarkan patriotisme dan heroisme pasukan atau prajurit masa lalu dalam perjuangan, baik saat merebut kemerdekaan maupun pada saat mempertahankan kemerdekaan.

Lomba sendiri akan dilaksanakan pada hari Minggu (5/2), bertempat di Pagatan, Kecamatan Kusan Hilir, pada jam 15.00 wita. Ada dua kategori peserta lomba, diantaranya kategori Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Pemerintah Kabupaten Tanbu dan Ormas, dan kategori pelajar tingkat SLTP dan SLTA sederajat.

Bagi peserta yang ingin mengikuti lomba tersebut, pihak panitia mulai membuka pendaftaran pada hari Senin (30/1) sampai dengan pada hari Sabtu (4/2), dengan tempat pendaftaran di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanbu di Gunung Tinggi, Batulicin. Selain itu pendaftaran juga bisa dilakukan di kantor UPK Kecamatan Kusan Hilir di Pagatan.

Untuk informasi pendaftaran, para peserta bisa menghubungi Faizin dengan nomor HP. 085332240271. Selain itu juga juga dapat menghubungi Jarkasi dengan nomor HP. 081348612902, dan saudara Habib Muhammad Assegaf dengan nomor HP. 085210798145. “Dalam kegitan lomba ini , panitia menyediakan hadiah jutaan rupiah bagi peserta pemenang lomba, ” pungkasnya.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *