Ternyata Menulis Bikin Cepat Tidur

Share this:
Menghitung domba, mendengarkan lagu, membosankan diri untuk tidur, dan lainnya adalah pilihan yang kerap dilakukan banyak orang untuk cepat tidur. Namun hal itu sia-sia.Mengutip dari zeenews, Senin (15/01/2018), sadar tentang pentingnya tidur malam yang baik, sangat penting untuk mengetahui tips untuk cepat tidur.

Sebuah studi baru menjelaskan, mencoba menulis daftar apa yang dilakukan sebelum waktu tidur seperti ini dapat membantu dalam tertidur.

“Kebanyakan orang melalui to-do list di kepala mereka, dan jadi kami ingin menyelidiki Apakah tindakan menulis mereka bisa melawan kesulitan waktu malam,” kata pemimpin penulis studi Michael K. Scullin dari Universitas Baylor, di Amerika Serikat.

Studi membandingkan pola tidur peserta yang mengambil lima menit untuk menuliskan mendatang tugas versus peserta yang mencatat kegiatan.

“Ada dua aliran pemikiran tentang hal ini. Salah satu adalah bahwa menulis tentang masa depan akan mengakibatkan peningkatan khawatir tentang tugas-tugas yang belum selesai dan menunda tidur, sementara Journal tentang selesai kegiatan tidak harus memicu khawatir,”kata Scullin.

“Hipotesis alternatif adalah bahwa menulis daftar agenda akan berusaha berpikir dan mengurangi khawatir,” tambahnya.

Untuk studi yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental psikologi, peneliti memantau aktivitas otak listrik yang menggunakan elektroda pada sekelompok orang dewasa muda yang sehat. Mereka menyelesaikan penulisan tugas untuk lima menit.

Mereka secara acak ditugaskan untuk menulis tentang tugas-tugas yang mereka perlu ingat untuk menyelesaikan beberapa hari berikutnya (to-do list) atau tentang tugas-tugas mereka yang diselesaikan beberapa hari sebelumnya.

Peserta di agenda daftar kondisi tertidur secara signifikan lebih cepat daripada mereka dalam kondisi daftar yang selesai.

Lebih khusus lagi peserta menulis daftar agenda mereka, semakin cepat mereka kemudian jatuh tertidur, sedangkan berlawanan tren diamati ketika peserta menulis tentang kegiatan selesai.

Karena itu, untuk memfasilitasi jatuh tertidur, individu mungkin bermanfaat dari menulis spesifik apa yang dilakukan selama lima menit sebelum jam tidur daripada Journal tentang kegiatan yang sudah selesai. [jek]

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *