Teror Bom Masih Berlanjut, Stok Darah di PMI Surabaya Aman

Share this:

Antusiasme dan kesigapan warga Surabaya dalam menyikapi rentetan pengeboman yang terjadi di tiga gereja pada Minggu (13/5/2018) lalu patut diacungi jempol. Tercatat hampir 600 warga datang ke Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya pada hari tersebut.

Triksi Hendria, Humas Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Surabaya menyebutkan hingga kini stok darah di PMI Surabaya masih dalam kategori aman. Termasuk juga dari antusiasme dan solidaritas warga kemarin.

“Sampai hari ini masih terbilang cukup banyak. Sebetulnya di hari Sabtu dan Minggu kemarin stok aman, tapi dengan adanya kasus bom ini permintaan juga meningkat. Korban ledakan juga butuh transfusi,” tutur Triksi kepada detikHealth saat dihubungi via telepon, Senin (13/5/2018).

Ia mengungkapkan aksi solidaritas tersebut sangat luar biasa. Tanpa diminta atau disuruh, warga Surabaya secara sukarela menyumbangkan darahnya, sebutnya.

“PMI Surabaya masih sigap dalam melayani jika ada pasien korban bom yang membutuhkan. 24 jam untuk permintaan, dan pelayanan untuk yang ingin donor dibuka dari jam 7 sampai 9 malam,” lanjut Triksi lagi.

Hingga berita terakhir, sejumlah 21 orang dilaporkan tewas dalam aksi teroris di Surabaya dan Sidoarjo. Sekitar 43 orang luka-luka masih dalam perawatan di beberapa rumah sakit Surabaya, 3 di antaranya ada yang mengalami luka bakar hingga 90 persen.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *