Terserang Wabah, Buah Pisang Terancam Punah untuk Selamanya

Share this:

Sebagai salah satu buah yang paling populer di dunia. Pisang tengah berada diambang kepunahan, karena wabah yang menyerang tumbuhan di negara tropis.

Ada wabah tropis yang tengah menyebar dan merusak tumbuhan di dunia, yang mengancam eksistensi buah pisang. Para peneliti mengatakan, bahwa wabah serius ini dikenal sebagai wabah Panama. Sebuah wabah infeksi jamur, yang telah menyebar di seluruh Asia, Afrika, Timur Tengah, Australia, dan Amerika Tengah.

Dilansir Mirror UK (06/07), jika wabah Panama ini mencapai wilayah Amerika Selatan, maka buah pisang jenis Cavendish, jenis pisang yang paling banyak dan dikonsumsi di seluruh dunia, akan menghadapi kepunahan.

Secara umum, pisang jenis Cavendish memiliki genetik identik dengan pisang jenis lainnya. Setidaknya, sekitar lima miliar pisang Cavendish dikonsumsi setiap tahunnya di Inggris saja, belum termasuk negara lain.

Banyak peneliti yang menebak bahwa obat dari wabah bisa terbentuk dari pohon-pohon pisang yang tumbuh di hutan Madagascar. Pohon pisang di sana tumbuh di hutan bebas, dan tak beraturan. Membuat pisang ini tidak tersentuh wabah Panama.

Ahli biologi tanaman bergegas untuk menciptakan hibrid dari dua jenis pisang, untuk menciptakan pisang yang tahan terhadap infeksi wabah dari pisang yang berada di Madagascar. Tapi hingga saat ini, baru ditemukan lima pohon pisang yang berada di Madagascar.

Wabah Panama ini sebenarnya tidak mempengaruhi buah pisang, namun wabah ini membunuh pohon pisang Cavendish dengan sangat cepat.

“Kami berharap bahwa penelitian yang tengah dilakukan para ilmuwan di seluruh dunia, akan membuahkan obat untuk menyembuhkan wabah yang mengancam pisang Cavendish ini.” pungkas Steve Porter selaku kepala kebun di sebuah perkebunan pisang.

Pisang Cavendish sendiri awalnya ditemukan oleh sebuah keluarga bernama ‘Cavendish’, di Derbyshire, Inggris.

Share this: