5 Kuliner Legendaris Ini Wajib Dicicip di Festival Jajanan Bango 2018

Share this:

Tidak perlu datang ke Aceh kalau mau coba Ayam Tangkap, di event kuliner FJB ada kuliner legendaris dari Sabang bahkan sampai Merauke. Nggak percaya?

Festival Jajanan Bango (FJB) kembali digelar, di Jakarta event berlangsung dua hari pada 14-15 April 2018. Ada lebih dari 80 makanan dan minuman yang bisa dicoba.

Kalau bingung mau makan apa, berikut detikFood berikan rekomendasi makanan dan minuman yang siap memanjakan lidah dengan cita rasa khas Nusantara. Pastikan Anda datang dengan perut kosong ya.

1. Sate Klatak Mak Adi

Makanan yang satu ini biasanya ditemui di Jogja. Sate klatak Mak Adi kini bisa dijajal di Jakarta. Rasanya dijamin sama karena daging kambing dan semua bumbunya dibawa langsung dari Bantul, Jogjakarta.

Seporsi sate klatak ini berisi dua tusuk sate dengan potongan daging kambing yang lumayan besar. Pelengkapnya ada irisan bawang merah, cabai, tomat dan kol. Disajikan dengan nasi hangat dan guyuran kecap manis membuat hidangan ini makin sedap. Harganya Rp 35.000 saja.

2. Pindang Iga

Di deretan stand Kampung Soto, Anda bisa menjajal pindang iga yang berasal dari Palembang. Potongan iga dimasak dengan bumbu khas yang kuat akan rasa rempah.

Rasanya pedas gurih sedikit asam. Rasa asam ini berasal dari potongan nanas segar yang ditambahkan dalam pindang sesaat sebelum disajikan. Dengan merogoh kantung Rp 35.000, Anda bisa menikmatinya dengan nasi putih. Yummy!

3. Tongseng Iga Khas Pekanbaru

Jika umumnya tongseng ada di Jawa, yang satu ini berasal dari Pekanbaru, Riau. Berbeda dengan tongseng Jawa, tongseng yang ini lebih medok alias lebih terasa bumbu rempahnya.

Tongseng berisi potongan iga dengan daging empuk yang diguyur kuah. Harganya Rp 35.000 dan tongseng ini makin enak dimakan saat masih hangat.

4. Ayam Tangkap Aceh

Dari ujung Barat Indonesia ada ayam tangkap khas Aceh. Potongan daging ayam dimasak dengan cara digoreng renyah dengan teknik deep frying kemudian disajikan dengan taburan daun pandan dan daun salam koja yang juga digoreng.

Selain menambah aroma, daun aromatik ini juga enak dimakan lho. Supaya makin nendang, makan ayam tangkap bersama sambal pedasnya. Huah, sedap!

5. Es Oyen

Sudah puas makan, saatnya membilas tenggorokan dengan minuman dingin yang segar. Semangkuk es oyen bisa jadi pilihan.

Isiannya es serut yang diberi potongan alpukat segar, kelapa muda dan biji mutiara. Rasanya makin nikmat karena disajikan dengan guyuran susu kental manis dan simple sirup. Harga semangkuk es oyen ini Rp 20.000. Sluuurrrp, es ini cocok banget dinikmati saat siang hari.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *