Hampir ke Yogya? Jangan Lupa Beli Oleh-oleh Jadul Roti Ontbitjkoek

Share this:

Jika berbicara oleh-oleh khas Yogyakarta, pasti yang terpikir di benak Anda adalah bakpia. Jika ingin mencari oleh-oleh yang tidak biasa dan legendaris, cobalah ontbijtkoek. Roti yang diadaptasi dari kuliner Belanda ini punya rasa rempah yang khas.

Pada umumnya, roti ini menggunakan tepung gandum hitam, brown sugar, cengkeh, kayu manis, jahe, dan pala sehingga tak jarang disebut kue rempah. Jika penasaran dengan roti ontbijtkoek, jangan lupa mampir ke Toko Roti Jakarta yang terletak di Jalan Jlagran Lor, Yogyakarta. Toko roti yang telah berdiri sejak tahun 1924 ini terkenal akan roti ontbijtkoek-nya.

“Roti ini sangat legendaris karena dibuat dari campuran gula jawa dan kayu manis serta resep tradisional. Resep turun-temurun sebenarnya tidak menggunakan gula jawa, namun kami terinspirasi dari para petani gula jawa dan petani kacang tanah sebagai bahan utama dalam pembuatan roti ontbijtkoek,” ujar pemilik Toko Roti Jakarta, Andreas Purwanto.

Hal ini dilakukan Toko Roti Jakarta dengan harapan bisa membantu petani gula jawa dan petani kacang tanah di Yogyakarta. Dengan saling membantu, Andreas mengungkapkan ini merupakan salah satu kunci kesuksesan berbisnisnya. Selain itu, Andreas juga menggunakan bahan-bahan berkualitas seperti Blue Band Master sehingga rasanya enak.

Berkat keunikan dan semangat mengangkat nilai budaya lokal, roti ontbijtkoek milik Toko Roti Jakarta memenangkan kompetisi Blue Band Master Oleh-oleh 2017 dengan menjadi juara 2. Blue Band Master Oleh-oleh merupakan kompetisi yang ditujukan bagi para pelaku industri kuliner untuk menunjukkan kreasi oleh-oleh terbaik.

Setelah melewati proses seleksi dan penjurian, Pia Karawo Cafesera (Gorontalo), Roti Ontbijtkoek Gula Jawa Toko Roti Jakarta (Yogyakarta), dan Sorghum Cookies kreasi Yant Healthy (Nusa Tenggara Barat) berhasil menyisihkan lebih dari 5.000 peserta.

Pemenang dipilih berdasarkan beberapa aspek, seperti teknik pembuatan, keunikan, rasa dan rupa, kemasan dan ketahanan produk, nilai-nilai budaya lokal, serta legalitas. Adapun juri yang menilai antaa lain Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Fadjar Hutomo, Pastry Chef dan President of Indonesian Pastry Alliance Rahmat Kusnedi, dan Ketua Akademi Gastronomi Indonesia sekaligus perwakilan Tim Chef UFS Vita Datau.

“Memenangkan kompetisi Blue Band Master Oleh-oleh 2017 merupakan sebuah prestasi yang sangat berarti bagi Toko Roti Jakarta yang berdiri sejak tahun 1924, dengan roti ontbijtkoek sebagai roti andalannya,” tutur Andreas.

Toko Roti Djakarta dari Yogyakarta dinilai memenuhi persyaratan karena kreasi oleh-oleh Roti Ontbijtkoek Gula Jawa memadupadankan resep tradisional dengan gula jawa yang sangat khas Indonesia. Padahal awalnya roti ontbijtkoek dikenal sebagai kue sarapan pagi orang Belanda.

“Setiap kreasi oleh-oleh harus memiliki sebuah cerita yang menarik dan khas sebagai nilai jual. Kombinasi antara budaya dan kuliner inilah yang mampu dipadupadankan dengan baik oleh para peserta Blue Band Master Oleh-oleh 2017, yang membuat kompetisi ini menjadi semakin menarik dan kompetitif,” ujar Vita.

Sementara itu, Managing Director Unilever Food Solutions PT Unilever Indonesia Tbk Thomas Agus Pamudji mengatakan UFS akan terus melanjutkan komitmen Unilever Sustainable Living Plan (USLP) untuk memberikan penghidupan yang lebih baik bagi masyarakat, khususnya para pelaku industri pastry dan bakery melalui kompetisi Blue Band Master Oleh-oleh.

“Salah satunya dengan berkolaborasi dengan Pesona Nusantara, e-commerce yang khusus menjual produk oleh-oleh, yang memungkinkan para peserta untuk menjual dan mempromosikan kreasi terbaiknya ke seluruh Indonesia. UFS juga akan memfasilitasi pelatihan bagi para peserta yang dinilai memiliki potensi untuk semakin mengembangkan bisnisnya sebagai salah satu apresiasi bagi para peserta,” paparnya.

Para pemenang Blue Band Master Oleh-oleh 2017 mendapatkan hadiah koin emas, paket iklan promosi, gelar dan sertifikat Master Oleh-oleh Nasional 2017, serta paket Blue Band Master. Ingin tahu kreasi oleh-oleh dari seluruh Indonesia dan mencobanya? Yuk cari tahu di sini, masih banyak lho oleh-oleh dari seluruh Nusantara yang unik dan enak.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *