Bagus Nih! 5 Makanan Buat Menangkal Tekanan Darah Tinggi

Share this:

Tahu kah kamu? Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 oleh Kementerian Kesehatan menemukan sekitar 26,5 persen penduduk dewasa Indonesia mengalami hipertensi. Sayangnya dari jumlah tersebut, 35,8 persen atau lebih dari sepertiganya tidak mengetahui bahwa mereka mengidapĀ hipertensi.

Nah dengan begitu kesadaran dan kewaspadaan kamu terhadap penyakit yang satu ini harus lebih ditingkatkan, salah satunya dengan mengonsumsi 5 makanan yang dapat menangkal tekanan darah tinggi. Berikut dikutip dariĀ Healthline.

1.Buah beri

Beri terutama blueberry, kaya akan senyawa alami yang disebut flavonoid. Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi senyawa ini dapat mencegah hipertensi dan membantu menurunkan tekanan darah.

Beruntungnya, blueberry, raspberry, dan stroberi merupakan beberapa contoh buah yang mudah dikombinasikan pada menu makananmu. Kamu dapat mencampurkannya di sereal atau granola saat sarapan, atau menyimpan buah beri sebagai pencuci mulut yang simpel dan sehat.

2.Ba-ba-ba-ba-banana

Makan makanan yang kaya potasium lebih baik daripada mengonsumsi suplemen. Iris pisang ke dalam sereal atau oatmeal untuk menambah asupan kaya kalium. Selain pisang, tomat, edamame, dan kismis bisa jadi pilihan.

Menurut American Heart Association, orang dewasa dengan tekanan darah lebih tinggi dari 120/80 dianjurkan mempertimbangkan untuk meningkatkan asupan kalium mereka.

“Kalium membantu merekrut molekul yang mengembalikan natrium ke darah, sehingga kamu mengeluarkan lebih banyak sodium sebagai hasilnya. Itu biasanya mengarah ke menurunkan tekanan darah,” kata Alicia McDonough, PhD.

3.Bawang putih

Bawang putih dapat membantu mengurangi hipertensi dengan meningkatkan jumlah oksida nitrat dalam tubuh. Nitrat oksida membantu mempromosikan vasodilatasi, atau pelebaran arteri, untuk mengurangi tekanan darah.

Tak cuma enak, menambahkan bumbu bisa membuat kamu mengurangi pemakaian garam. Contoh bumbu dan rempah-rempah lain yang dapat kamu tambahkan termasuk basil atau kayu manis.

4.Dark chocolate

Sweet and tasty! Banyak banget lho makanan enak yang sebenarnya bisa jadi kawanmu untuk hidup sehat.

Sebuah studi 2015 menemukan bahwa makan dark chocolate dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah untuk penyakit kardiovaskular (CVD). Studi ini menunjukkan kalau 100 gram per hari dark chocolate dapat dikaitkan dengan risiko CVD yang lebih rendah.

Makanan yang satu ini mengandung 60 persen padatan kakao dan memiliki lebih sedikit gula daripada cokelat biasa. Biar lebih berasa, kamu bisa memadu dengan buah-buah lezat semisal blueberry.

5.Delima

Buah delima atau pomegranate adalah buah sehat yang bisa dinikmati ‘mentah’ atau sebagai jus. Satu studi menyimpulkan minum secangkir jus buah delima sekali sehari selama empat minggu membantu menurunkan tekanan darah dalam jangka pendek.

Jus buah delima pun menu lezat untuk sarapan sehat. Kalau kamu memilih untuk meminum jus dalam kemasan, jangan lupa untuk memperhatikan kadar gula yang ada di dalamnya. Jangan sampai terlalu tinggi.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *