Ini 12 tanda orang yang berisiko bunuh diri, perhatikan sekitar Anda!

Share this:

CANTIKQQ– Menurut data statistik yang dirilis oleh WHO, ada 800 ribu orang yang kehilangan nyawa karena bunuh diri setiap tahunnya. Bisa dirata-rata, setiap 40 detik ada orang yang bunuh diri. Sementara 79 persen kasus terjadi di negara-negara miskin dan berkembang. Walaupun tingkat kasus bunuh diri yang cukup tinggi juga ditemukan di negara maju.

Mengingat jumlah kasus kematian akibat bunuh diri, setiap 10 September diperingati sebagai Hari Pencegahan Bunuh Diri Sedunia.

Jika seseorang di sekitar Anda menunjukkan perubahan perilaku yang sesuai dengan tanda-tanda di atas, jangan ragu untuk mengajaknya bicara. “Semua orang, termasuk Anda punya peran mencegah seseorang bunuh diri,” katapegawai American Foundation for Suicide Prevention, Christine Moutier.

1. Waspadai adanya perubahan sikap

CANTIKQQ – Sesungguhnya, tanda-tanda orang yang memiliki pikiran untuk melakukan bunuh diri sungguh bervariasi pada setiap orang. Namun, yang paling penting adalah menyadari bahwa ada pola yang berubah dari seseorang seperti disampaikan Mourier.

“Seseorang hanya akan bisa menyembunyikan sesuatu pada batas tertentu. Ketika itu, pasti menyadari ada perubahan perilaku. Kemungkinan orang terdekat akan menyadari perubahan perilaku orang tersebut,” kata Moutier.

“Bisa juga orang tersebut beraktivitas seperti biasa, tapi ia jadi lebih mudah marah, kehilangan kesabaran, dan minum-minuman keras lebih banyak. Hal itu kerap dilakukan orang yang depresi dan ingin bunuh diri,” kata Moutier lagi.

Share this: