Rizal Ramli Dorong Mentan Cetak Sawah Baru

Share this:

Mantan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Rizal Ramli mendorong pemerintah dalam hal ini Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mencetak sawah baru. Ini agar dapat memenuhi kebutuhan beras sehingga tidak perlu impor.

Rizal Ramli menambahkan, jika irigasi persawahan dapat ditata dengan baik, Indonesia dapat memanen padi sebanyak tiga kali dalam setahun. Hal itu didukung kondisi alam dengan sinar matahari dan sumber air berlimpah.

“Saya minta Menteri Pertanian (Mentan), bangun sawah baru dua juta hektar. Di Kalimantan, Sulawesi, Papua dan sebagian Sumatera. Di negara lain kalau enggak ada beras pemerintahnya bisa jatuh,” ujar Rizal, Selasa (13/2/2018).

Selain itu, ia juga mendorong pemerintah memperhatikan nasib petani. Apalagi pemerintah memutuskan untuk impor beras. “Jangan jadi raga tega begitu. Yang penting saya dapat uang dari impor enggak peduli nasib petani bagaimana,” kata dia.

Rizal Ramli menuturkan, dirinya sepakat dengan impor beras terutama saat musim paceklik. “Kalau perlu banget, saya juga tidak keberatan impor, tapi diatur timing. Pas paceklik baru impor. Anak SD juga mengerti,” ujar dia.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *